MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 05 Januari 2017

Camat Ujung Pandang Harapkan Partisipasi Aktif Warga Menjaga Taman

(Foto: Iskanda Burhan / Smartcity Magazine & Online News and Information®, 2017)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Pasca pelimpahan wewenang menjaga, merawat dan mengatur taman ke kecamatan di Kota Makassar, Camat Ujung Pandang Andi Zulkifli mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Sekcam, Lurah dan Brigade Taman,  bertempat di Aula Rapat Kantor Kecamatan,  Jalan Samiun, Selasa (03/01/2017).

(Baca juga: Danny di Rakorsus Lurah: Sekarang era Manageable, Lurah dan RT/RW Terpantau dalam Satu Sistem)

Dalam Rakor tersebut, Camat Andi Zulkifli menjelaskan hal-hal utama mengenai Brigade Taman, seperti jumlah personilnya, tugas utama mereka, serta pembagian area kerja di taman-taman di wilayah Kecamatan Ujung Pandang. Juga tentang pelibatan kelurahan sebagai pengawas di taman, dan upaya mendorong peran aktif masyarakat dalam menjaga taman.

Camat Andi Zulkifli mengatakan bahwa sesuai DPA kecamatannya mendapatkan 30 personil Brigade Taman untuk pengelolaan taman, secara teknis dan operasional.

"30 orang inilah kami bagi beberapa taman yang ada di wilayah Kecamatan Ujung Pandang untuk mengurus secara teknis, secara operasional terkait pertamanan ini," jelas Camat Andi Zulkifli.

Secara detail, tambah Camat Ujung Tanah ini, tugas bagi personil Brigade Taman dibagi secara proporsional. Semakin besar luasan taman, semakin banyak jumlah personilnya. Taman Macan misalnya, ada 7 orang personil yang akan bertugas di sana.

"Tugas utama brigade taman mulai dari pagi hari dan sore hari mereka melakukan pembersihan, memotong rumput, menyiram dan merawat semua taman-taman yang ada di wilayah Kecamatan Ujung Pandang," ucapnya.

Di samping Brigade Taman sebagai pengelola taman, pihak kelurahan turut dilibatkan sebagai pengawas di taman. "Kita juga libatkan kelurahan sebagai pengawas di setiap taman yang ada di wilayahnya," jelas Camat Andi Zulkifli.

Camat Andi Zulkifli juga sangat berharap kepada warganya atau masyarakat luas pada umumnya agar turut secara aktif berperan dalam menjaga taman-taman secara bersama-sama.

"Harapan kami kepada masyarakat, mari bersama-sama menjaga taman. Bukan hanya kami yang menjaga, diharapkan masyarakat juga bisa turut menjaga agar tetap bersih indah dan teratur," harapnya.* (Iskandar Burhan)