MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Selasa, 03 Januari 2017

Danny di Rakorsus Lurah: Sekarang era manageable, Lurah dan RT/RW Terpantau dalam Satu Sistem

(Foto: Humas Pemerintah Kota Makassar, 2017)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Meski baru hari perdana kerja pasca libur tahun baru 2017, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto langsung mengajak pejabatnya tancap gas dalam mengemban tugas-tugas pemerintahan.

Danny sapaan akrabnya langsung menggelar Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) dengan 153 Lurah yang baru dilantik beberapa hari lalu, bertempat di Ruang Pola Balaikota, Selasa (03/01/2017).

Dalam pertemuan tersebut Danny menekankan hal-hal penting dalam menunjang kinerja lurah dan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.

"Kinerja adalah jika seluruh secara administrasi kuangan, administrasi kepegawaian, kedisiplinan, dan dari Inspektorat tidak ada temuan maka itulah kinerja," ucapnya di Rakorsus tersebut.

Tidak hanya itu, menurutnya juga perlu kemampuan 'sombere' menggalang konsolidasi masyarakat sehingga akan terbentuk sebuah pemerintahan birokrasi yang meletakkan fungsi Camat, Lurah, serta RT dan RW menjadi pondasi yang sangat pennting sebagai perpanjangan tangan pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

Selama ini kata Danny RT/RW tidak pernah dijadikan kekuatan dalam pemerintahan. Karenanya sejak saat ini dirinya ingin mengembalikan fungsi itu sehingga roda pemerintahan bisa berjalan optimal.

"Kalau RT/RW-nya penting, Lurah lebih penting lagi, Sekcamnya lebih penting lagi, apa lagi Camat. Camat adalah wali kota di wilayahnya masing-masing," pungkasnya.

Tahun ini Danny menambah kewenangan Camat. Semua taman yang terlantar menjadi tanggung jawab Camat. Untuk hal itu, Ia pun telah memerintahkan Dinas terkait agar membagikan mobil kebersihan di tiap kecamatan sebagai penunjang.

Lebih dari itu Danny menyebut hal ini sebagai era manageable. Lurah dan 6.000 RT/ RW se-Makassar akan terpantau dalam satu sistem. Karena itulah menjadi alasan akan dilaksanakannya Pemilu Raya RT/RW dan bagaimana menciptakan RT/ RW yang smart ke depan dan yang terpenting bagi Danny adalah kualitas layanan kepada masyarakat harus dua kali tambah baik ke depan.* (Iskandar Burhan)