MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 05 Januari 2017

Es Pisang Ijo yang Nikmat, Begini Cara Membuatnya

(Foto: Thoha Pacong / Smartcity Magazine & Online News and Information®, 2017)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Anda pernah dengar es pisang ijo? Ataukah membuatnya atau bisa juga membelinya dijajanan kuliner es atau jajanan untuk berbuka puasa?

Kalau sudah syukurlah, karena  es pisang ijo Ini adalah salah satu minuman segar yang sangat nikmat sekali untuk menghilangkan rasa haus yang sudah lumayan lama karena kecapean atau karena berpuasa.

Selain karena rasannya yang segar dan enak, es pisang ijo ini sangat menarik tampilannya. Pisang yang dibaluti adonan warna ijo dan dilumuri dengan saus sirup yang manis legit membuat kita meneteskan air liur.

Minuman segar ini ternyata berasal dari Makasar yang terkenal dengan berbagai macam masakan yang sangat enak-enak. Wajar saja kalau minuman ini sangat enak sekali. Selain bahan-bahan yang dipilihnya sangat pas, pemilihan buahnya pun sangat tepat sekali dengan menggunakan buah pisang yang memiliki banyak serat, sehingga bukan hanya segar yang didapatkan tetapi dapat mengganjal perut dari rasa lapar.

Anda ingin mencoba membuatnya bukan? silahkan mengikuti resep sebagai berikut:

Bahan Pisang Ijo:
Satu sisir  buah Pisang raja
bahan kulit pisang ijonya :
100 gr tepung terigu
1 butir telur
air pandan + pasta pandan

Bahan vla/saus :
1 sendok makan tepung beras(optional)
gula pasir
150 ml air
1 sendok teh vanilla essence
4 sendok makan SKM
2 sendok makan susu bubuk full cream
sirup DHT (rasa pisang ambon)
50 gr tepung terigu
secukupnya garam

Cara Membuat:

Larutkan tepung terigu dengan air, kemudian kocok telur dan tambahkan kedalam adonan tepung terigu, masukkan air pandan dan sedikit pasta pandan, tambahkan juga sedikit vanilla essence dan garam, selanjutnya aduk-aduk hingga menjadi adonan kental

Kukus terlebih dahulu pisang, kemudian tiriskan apabila pisang telah matang

Siapkan teflon anti lengket bisa juga wajan biasa, lalu masukkan satu sendok sayur adonan kulit tadi, tutup bila perlu sambil menunggu matang. Bila adonan kulit telah matang siapkan plastik yang dilapisi kain, taruh kulit dan letakkan pisang yang telah dikukus tadi lalu gulung-gulung dan rapatkan dengan cara menekan-nekan lembut kulit pisang ijo hingga merekat sempurna sambil pelintir kedua ujungnya menyerupai buah pisang, dan lanjutkan hingga adonan habis

Setelah pisang ijo siap, selanjutnya siapkan panci dan masukkan terigu lalu tepung beras, kemudian tambah santan, susu bubuk, SKM, garam, vanilla essence, lalu panaskan diatas kompor

Aduk hingga mengental, apabila kekentalan dirasa cukup dan vla telah mendidih matikan kompor, sisihkan hingga dingin

Siapkan mangkuk, lalu masukkan vla, potong pisang ijo, lalu tambahkan es batu, selanjutnya tuang sirup DHT dan tambah sedikit SKM.* (Thoha Pacong)