MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 05 Januari 2017

Hindari 4 Kesalahan ini Bagi Pemilik Mobil/Motor

(Foto: Thoha Pacong / Smartcity Magazine & Online News and Information®, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Mobil ataupun motor merupakan kehidupan sehari-hari yang tak pernah lepas. Di bawah ini disebutkan 4 kesalahan umum yang sebaiknya dihindari pagi pemilik motor/mobil.

Kesalahan PERTAMA: Tidak Membaca Manual Book (Buku Manual): Setiap mobil atau sepeda motor memiliki buku manual yang menjelaskan dengan detail bagian, komponen, cara pengoperasian fitur, hingga solusi pada beberapa gangguan. Tidak membaca buku tersebut dapat membuat pemilik “buta” terhadap seluk-beluk kendaraan sehingga memicu kerusakan karena ketidak tahuan akan hal-hal yang perlu atau yang dilarang untuk di lakukan.

Kesalahan KEDUA: Tidak Memeriksa Kondisi Mobil Sebelum Bepergian: Pemeriksaan yang dimaksud mencakup keseluruhan bagian mobil, mulai dari lampu sein, lampu utama (head Lamp), aki, oli, air radiator, hingga jumlah air dalam tabung wiper.

Kondisi mobil yang baik tak hanya memberi kenyamanan dan menjamin performa mesin, tetapi juga mendukung keselamatan berkendaraan.

Kesalahan KETIGA: Tidak Memeriksa Tekanan Angin Ban: Baca buku manual book untuk mengetahui tekanan ban yang disarankan oleh pabrikan. Ada beberapa hal yang bisa diperoleh dari memperhatikan hal ini, di antaranya mencegah ban pecah tiba-tiba.

Selain itu, dapat membuat jarak pengereman lebih baik karena kontak antara ban dan aspal lebih maksimal, kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi atau saat tikungan juga lebih maksimal.

Kesalahan KEEMPAT: Tidak Memanaskan Mesin: Mesin-mesin mobil langsiran baru memang relatif tidak perlu dipanaskan terlalu lama, tapi bukan berarti pengendara bisa langsung “tancap” gas begitu mobil dinyalakan.

Diamkan selama beberapa menit (2-3 menit) supaya oli dapat melumasi mesin secara merata, setelah itu jangan langsung injak pedal gas dalam-dalam karena suhu mesin belum mencapai suhu kerja, hal ini juga sangat berpengaruh terhadap konsumsi BBM.

Semoga bermanfaat, Keep Safe Riding…* (Thoha Pacong)