MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Selasa, 17 Januari 2017

Ini Fasilitas Sentra Kaki5 Ta yang Digagas Wali Kota Danny

(Foto: Kandar oliver) 

smartcitymakassar.com - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto meninjau lokasi sentra Kaki5 ta yang berlokasi di kecamatan Ujung Pandang. Dua titik yang ditinjau Danny berada di Jalan R A Kartini, kelurahan Baru, dan Jalan Metro Tanjung Bunga, kelurahan Maloku, Senin, (16/01/2017) .

Disampaikan Wali Kota Danny, saat ini tersedia 100 unit booth Kaki5 ta yang siap difungsikan oleh pedagang kaki lima yang telah terdaftar di Pemerintah kota Makassar. Booth yang ada bersumber dari dana CSR perusahaan yang beroperasi di Makassar.

"CSR yang kami terima disesuaikan dengan program pemerintah. Kami menghindari penyerahan bantuan dalam bentuk uang baik tunai ataupun cashless. Tahun lalu kita telah menggulirkan program Kaki5 ta dan mendapatkan bantuan CSR 100 unit booth Kaki5 ta," urai Danny.

Satu unit booth memiliki tinggi 2.6 meter dengan lebar 2 meter. Setiap booth dilapisi finil untuk menghindari lapuk akibat terkena hujan. Agar bagian lantai tidak lapuk oleh air hujan, Dinas PU kota Makassar menyiapkan dudukan setinggi 20 cm yang terbuat dari besi.

(Foto: Kandar Oliver) 

Sentra Kaki5 ta akan dilengkapi area parkir, lampu hias, dan drainase. Bentuk pengembangan berikutnya dengan melengkapi fasilitas free wifi yang disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi kota Makassar.

Pedagang kaki lima yang berjualan di R A Kartini berasal dari Jalan Sunu (Depan Masjid Al Markaz Al Islami). Jumlahnya mencapai 47 pedagang. Umumnya mereka berjualan kuliner seperti Es Kelapa Muda, Pisang dan Sukun Goreng, Kopi, serta Nasi Campur.

Kendati telah memiliki jenis jualan tertentu, tak menutup kemungkinan jenis jualan yang akan dipasarkan di sentra Kaki5 ta Karebosi (R A Kartini) berubah mengikuti selera konsumen. "Dagangannya bervariasi bisa kuliner, suvenir, aksesoris, pakaian hingga batu cincin," sebut Wali Kota Danny.

Sementara itu, Sentra Kaki5 ta di Jalan Metro Tanjung Bunga akan diisi oleh pedagang kaki5 yang selama ini berjualan di Jalan Penghibur dan sekitarnya. Mereka telah terdaftar di Pemkot Makassar.


Dinas PU Makassar menganggarkan dana sebesar Rp 29 Milyar untuk menata kaki lima yang jumlahnya hingga 1.600 pedagang yang tersebar di 14 kecamatan se - kota Makassar.

Saat peninjauan, Danny didampingi Camat Ujung Pandang Andi Zulkifli Nanda, Lurah Maloku Andi Hajrawati Sultan, Lurah Baru Sujarwo, Kasubag Pemberitaan Andi Reza Nugraha, Kadis PPPA Tenri A Palallo, Kadis PU Andi Anshar, Asisten I Sabri, Kadis Perhubungan Muh Mario Said dan sejumlah awak media.(iskandar burhan)