MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 05 Januari 2017

Inilah Sistem Operasi yang Sangat Tidak Aman Sejak 2016

Ilustrasi (Foto: Berbagai Sumber)

Smartcitymakassar.com --Makassar - Di tahun 2014, sistem operasi besutan Apple yaitu MacOs dan iOS dinyatakan sebagai sistem operasi yang sangat tidak aman dengan kata lain MacOs dan iOS sangat rentan terhadap ancaman peretasan, virus/malware/spam, dan sejenisnya.


Namun, seperti yang dilansir dari CVE Details, pada peringkat 11 untuk sistem operasi yang sangat rentan kini diduduki oleh MacOS. Dengan demikian, sistem operasi tersebut telah dinyatakan aman untuk penggunanya dibanding pada tahun 2014. 

Terlebih, sekarang iOS berada di peringkat 15 yang lebih baik dari sistem operasi dari Microsoft yakni Windows yang berada di peringkat 14.

Pertanyannya, sistem operasi atau aplikasi yang manakah yang sangat tidak aman pada tahun ini?

Dikutip dari Tech Viral bahwa yang bertengger di peringkat teratas adalah Android yang dinyatakan sebagai sistem operasi yang sangat rentan terhadap ancaman-ancaman peretasan, virus, spam, malware dan lain-lain.

Mengapa demikian? Tech Viral menjelaskan bahwa setelah melalui proses evaluasi pada sistem operasi Android milik Google, saat ini ditemukan 523 masalah kerentanan.

Pada peringkat 2 dan 3 diduduki oleh Debian dengan 319 masalah kerentanan dan Ubuntu dengan 278 masalah kerentanan.

Berikut ini adalah daftar 15 besar sistem operasi dan aplikasi yang dinilai sangat tidak aman dari awal tahun 2016 hingga sekarang:

Daftar Peringkat 15 Besar Sistem Operasi dan Aplikasi Sangat Rentan Versi CVE Details (Foto: Berbagai Sumber)

Sebagai penutup, kiat pencegahan awal dari ancaman virus dan sejenisnya adalah menggunakan aplikasi atau perangkat lunak penangkal virus/spam/malware yang terpercaya.* (Yushar Mustafa)