MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 12 Januari 2017

Ketika Mobil Semakin Tua

(Foto: Thoha Pacong / Smartcity Online News and Information®, 2017)



Smartcitymakassar.com. --Makassar- Mobil yang umurnya semakin tua menuntut perhatian lebih. Apalagi kalau intensitas pemakaiannya tinggi. Tidak cukup sekedar ganti oli dan servis rutin. Bagian mana saja yang perlu anda perhatikan? Simak berikut ini.

Pertama: Kaki kaki kendaraan
Yang termasuk bagian ini adalah shock absorber (peredam kejut). Meski boleh dibilang bebas perawatan dan penggantiannya tidak tergantung pada jarak, tapi pada kondisi jalan dan beban yang ditanggung setiap hari, komponen ini biasanya perlu diganti ketika mobil sudah cukup berumur.

Ada beberapa tanda yang mengindikasikan kita untuk segera mengganti peredam kejut. Antara lain mobil yang terasa limbung saat dikemudikan dalam kecepatan tinggi maupun sedang, baik di jalan lurus maupun berbelok.

Velg juga perlu diperhatikan. Karena intensitas pemakaiannya, bisa saja bagian ini perlu diganti karena ada yang penyok dan bisa mengganggu kenyamanan berkendara. Penggantian velg juga bisa mendongkrak tampilan eksterior mobil anda.

Kedua: Mesin
Mobil berumur diatas 10 tahun biasanya disarankan untuk dilakukan semi-overhaul (skir klep). Tujuannya tak lain untuk membersihkan ruang pembakaran dari sisa-sisa pembakaran yang menumpuk selama bertahun-tahun.

Namun, karena biaya yang cukup besar, anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak bengkel menyangkut apakah langkah tersebut sudah perlu dilakukan atau belum.

Berkaitan dengan ruang mesin, perlu juga pemeriksaan pada beberapa bagian seperti waterpump, kipas dan fan-belt, pulley dan radiator karena mungkin ada komponen yang perlu diganti.

Ketiga: Kelistrikan
Ada beberapa bagian yang perlu diperiksa, atau bila perlu diganti, pada system kelistrikan. Mulai dari aki, kabel, kepala kabel, Bohlam lampu, hingga alternator. Pastikan semua berfungsi dengan baik untuk mendukung kelistrikan bekerja dengan baik.

Keempat: Interior
Meski tak berpengaruh pada performa mobil, kondisi interior mobil yang rapi dan apik tentu bakal mendukung kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, salah satu bagian yang perlu mendapat perhatian adalah jok, yang mungkin sudah “kempis” atau ada bagian yang sobek sehingga perlu ditambah busa baru atau lapisannya perlu diganti karena sudah usang.

Untuk artikel berikutnya, saya akan kupas mengenai “interior”. Stay tune on SC, keep save riding.* (Thoha Pacong)