MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Sabtu, 14 Januari 2017

Membuat Harga Jual Rumah Jadi Tinggi

(Foto: Thoha Pacong / Smartcity Online News and Information®, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Anda ingin membeli rumah baru dalam waktu dekat dan perlu menjual rumah lama Anda? Sayangnya, Anda merasa rumah lama tersebut tidak bisa dijual dengan harga yang tinggi.

Harga property termasuk perumahan memang selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Namun tidak selamanya property seperti rumah tinggal memiliki harga jual kembali yang tinggi. Jika Anda ingin membuat harga Rumah anda lebih tinggi, perlu mencoba tips kami untuk mewujudkannya.

EKSTERIOR
Pembeli akan lebih dahulu perhatikan bagian ini. Inilah alasan mengapa perlu membuat eksterior rumah menjadi lebih indah. Untuk hal tersebut, Anda dapat mengganti atau mengecat ulang pagar dan tembok luar rumah. Bersihkan dan rapikan pula halaman rumah dengan menambahkan aneka tanaman dan tumbuhan guna memberikan keindahan tersendiri.

Tempatkan pula kursi atau mini gazebo sekedar untuk bersantai dan menambah kehangatan. Sehingga, orang akan senang dan sekaligus penasaran untuk masuk ke bagian dalam dari rumah.

UBAH DESAIN
Desain penting dalam menaikkan harga jual rumah. Jika merasa desain rumah masih kurang, Anda dapat mengganti warna dinding atau memasang 'wallpaper' pada beberapa bagian dinding dalam rumah.

Anda dapat pula mengubah arsitektur ataupun tata layout perabotan atau furniture yang dapat membuat suasana menjadi lebih 'fresh'. 

AKSESORIS KAMAR MANDI
Kamar mandi punya peran cukup penting meningkatkan harga rumah. Kamar mandi yang bersih, sehat dan terawat akan memberi nilai dalam mendongkrak harga jual. 

Perhatikan peralatan serta aksesoris kamar mandi; apakah berfungsi dengan baik, seperti kloset, shower, kran air. Jika ditemukan tidak berfungsi atau kondisinya tidak baik, segera ganti yang baru.

Penggunaan aksesoris kamar mandi sebaiknya menggunakan material yang fungsional dan efektif mengingat ruang kamar mandi tidak terlalu besar sehingga akan efisien dalam penggunaan ruang.

Tempatkan rak khusus untuk penyimpanan peralatan mandi agar ruang menjadi rapi, serta tempatkan cermin, selain berfungsi untuk berhias juga membuat ruang kamar mandi terasa menjadi lebih lapang.

DAPUR
Dapur perlu juga menjadi perhatian Anda sebelum menjual ataupun membeli rumah. Anda dapat mengubah cat pada lemari dapur atau mengganti kitchen set. Berikan pula pencahayaan dan ventilasi yang baik. Begitu pula dengan tempat cuci piring yang memadai.

Dengan beberapa tips di atas, saat rumah akan dijual, calon pembeli akan merasa senang dan nyaman di dalamnya. Atau, bahkan mungkin Anda akan berpikir ulang untuk menjualnya?* (Thoha Pacong)