MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Selasa, 03 Januari 2017

“Tahun Baru” untuk Suasana Baru

(Foto: ilustrasi)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Tahun Baru, suasana baru. Mungkin begitu kira-kira keinginan sebagian orang. Ini juga bisa diterapkan untuk mengubah suasana rumah tinggal Anda. Ada yang berencana mendandani rumah sebagian saja, ada pula yang bahkan merenovasi ulang.

Jika dana atau anggaran yang tersedia terbatas, kita bisa membuat suasana baru di rumah mulai dari ruangan yang kerap dipakai untuk menerima relasi, yaitu ruang tamu.

Biasanya, furniture yang mendapat perhatian pertama untuk dirubah. Namun, biar lebih hemat, bisa mengalihkan fokus pada perubahan tekstur atau warna dinding atau wallpaper.

Mengubah wallpaper dapat membuat suasana ruangan yang tadinya terlihat using atau pengap menjadi lebih segar dan tampak baru. Wallpaper Juga bisa menutupi retak-retak pada dinding ruang tamu.



(Foto: Ilustrasi)


Warna

Bila ruang tamu tidak banyak terpapar sinar matahari langsung, kita bisa memilih warna wallpaper yang nuansanya cerah dan hangat. Jangan lupa untuk menyelaraskan dengan warna yang dominan dari furniture atau perabotan di ruang tamu.

Jika tak ada warna yang cocok dengan perabotan, kita bisa menggunakan nuansa yang netral, misalnya krem atau coklat muda. Namun, jika wallpaper akan difungsikan sebagai pemanis ruang tamu, beranikan untuk bereksperimen dengan warna dan motif.

Motif

Motif ini penting untuk memunculkan kesan pada ruang tamu. Jika ingin kesan modern, gunakan wallpaper yang terlihat menonjol, memiliki pola geometris atau bermotif yang besar. Contohnya, wallpaper dengan motif pohon, ranting, dan bunga biasa diterapkan pada ruang tamu modern minimalis.

Motif-motif wallpaper ini dapat menyeimbangkan garis  tebal dengan skema warna monokromatik dan aksen metalik. Adapun Wallpaper dengan motif besar pas untuk diaplikasikan pada ruang tamu yang luas. Namun, Motif ini juga oke kok untuk ruang tamu yang kecil.

Bahan

Di pasaran terdapat banyak pilihan bahan wallpaper dinding ruang tamu, misalnya foil, textile, dan vinyl. Bahan foil dan textile dikenal cukup sulit untuk dibersihkan. Bila kita memeiliki anak kecil atau hewan peliharaan, ada baiknya memilih wallpaper yang berbahan Vinyl. Bahan ini mudah dibersihkan dan lebih tahan terhadap udara lembab.* (Thoha Pacong)