MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Sabtu, 14 Januari 2017

Te'nena Makassar: Baklava ala Irfan Hakim



Smartcitymakassar.com. --Makassar- Jika kita biasanya merayakan Lebaran atau Natal dengan kue Nastar misalnya, maka orang Turki merayakan hari besarnya dengan Baklava. Kue berbentuk persegi ini biasanya terbuat dari lapisan kulit roti yang berisi cincangan kacang walnut, kismis, atau pistasio yang diberi gula atau madu.

Baklava merupakan salah satu hidangan yang sudah lama ada. Bahkan makanan ini sudah didokumentasikan dalam sebuah buku resep dari abad ke-14 yang ditemukan di Tiongkok. Dalam buku, Baklava disebut dengan Gullach.

Saat ini sudah banyak toko yang menjual Baklava. Jadi jika sedang mengunjungi Turki dan ingin mencicipi kue ini, maka kamu bisa mencarinya di toko toko kue. Tidak perlu menunggu perayaan hari besar dulu. Hmmm..


(Foto: Thoha Pacong / Smartcitymakassar Online News and Information®, 2017)

Kini tidak perlu jauh-jauh ke Turki demi sepotong Baklava. Cukup di Makassar.

Adalah sang presenter nasional, Irfan Hakim, yang membuka gerai dan toko oleh-oleh di awal pembukaan tahun 2017 ini. Mengusung nama "Makassar Baklave", Irfan Hakim membawa penikmat kue ini di Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar. Makassar bagi dia adalah salah satu kota yang penuh kenangan dalam hidupnya.

“Ini adalah outlet pertama di Indonesia” ujar Kika Kusumawati, Asisiten Manajer Marketing Baklave Makassar.

Berkonsep “toko oleh-oleh”, fokus saat usaha kuliner ini pada pelayanan 'take away' (bawa pulang). Kedepannya diharapkan bisa melayani secara online.

Penikmat kuliner, khususnya Baklave, dapat memilih diantara 5 (lima) varian yang disediakan di "Makassar Baklave", yakni nutty frutty, banana fluffy, royal chocolate, oreo blast, dan rich cheese, dengan harga Rp. 65,000/pax untuk setiap varian tersebut.

Nah, bagi Anda yang sedang berada di Makassar silahkan untuk mencicipi olahan Baklava ala Irfan Hakim ini di Baklave Makassar, dengan sedikit perjuangan mengantri yang luar biasa panjangnya.* (Thoha Pacong)