MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Senin, 27 Februari 2017

Bahas Kerjasama Smart City, Delegasi IE Singapore Bertemu Danny dan Deng Ical

(Foto: Kantor Bagian Humas Pemerintah Kota Makassar, 2017)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Wali kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto menerima kunjungan kerja International Enterprise IE Singapore (IES) yang dipimpin oleh Assistant CEO Tan Soon Kim di Rujab Wali Kota, Senin (27/02/2017).

Kim membawa beberapa delegasi perusahaan terbesar di Singapore yang bergerak di bidang e-Government, Smart Parking, Street Lighting, Urban Planning dan Water Management.

Kunjungan balasan ini merupakan tindak lanjut kerjasama MoU Concerning Cooperation IE Singapore bersama Pemkot Makassar pada November lalu yang disaksikan oleh Presiden RI dan PM Singapore di Kota Semarang.

"Ini merupakan kunjungan balasan sebagai tindak lanjut MoU yang sudah kita tandatangani bersama bertepatan pertemuan tahunan Presiden RI dan PM Singapura di Semarang November tahun lalu," ucapnya.

Usai diterima Danny, IES kemudian melanjutkan pertemuan dengan beberapa SKPD dan Perusda membahas peluang rencana kerja sama ke depan di Ruang Sidang Perwali Sipakatau.

Wakil Wali kota Syamsu Rizal MI terlihat memimpin pertemuan lanjutan tersebut didampingi Kadis PU, Kadis Perhubungan, Bappeda, Dirut PD Parkir, Infokom, serta Kabag Perekonomian dan Kerja Sama.

"Kunjungan balasan ini pasca MoU untuk men-drive beberapa teknis terkait issu dan program yang memungkinkan untuk dikerjasamakan," kata Deng Ical sapaan akrab Wakil Wali Kota.

Menurutnya, group-group perusahaan Singapura itu datang menjelaskan secara detail sesuai dengan spesifikasi kerja masing-masing.

Banyak program yang ditawarkan sehingga, kata Deng Ical, Pemkot Makassar juga membagi ke setiap SKPD teknis mem-follow up pertemuan tersebut kemudian akan dilanjutkan dengan pertemuan teknis ke SKPD dan Perusda terkait guna mengatur kemungkinan kerja sama ke depan.

Program yang sangat memungkinkan untuk dikerjasamakan dalam waktu dekat yakni tawaran uji coba 2.000 titik lampu jalan, smart parking, solar cell, serta e-government.

Untuk diketahui MoU Pemkot Makassar dengan IES di bidang smart city ini meliputi pengelolaan perkotaan, transportasi, grand design traffict light, smart parking, pendidikan, kesehatan, pariwisata, serta ekonomi dan e-goverment.* (Ade Ismar Gobel / Muhammad Yushar)