MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 23 Februari 2017

Wali Kota Danny Paparkan Inovasinya Bank Sampah Diajang World Ocean Summit 2017


Foto: Humas Pemkot Makassar  

smartcitymakassar.com - Bali - Salah satu media cetak yang terbesar dan berpusat  dikota London, The Economist menyelenggarakan event International berupa  World Ocean Summit 2017  bertempat  di Sofitel Hotel Nusa Dua Bali, yang akan berlangsung selama tiga hari 22-24  februari 2017.

The Economist  mengundang Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Danny
Pomanto sebagai pembicara pada event Internasional tersebut, dihadiri oleh  tokoh tokoh masyarakat dunia  ternama, yang sudah  high level officer dan high level CEO  diperusahaan dan institusinya masing -masing.

Dikesempqtan tersebut, Danny Pomanto sapaan akrab Wali Kota Makassar, membahas soal Local Solutions to Global Issues dengan Tema Solid Plastic Waste-From Makassar Save Our World.


“Pertama, pak wali membicarakan tentang bagaimana Makassar dengan isu sampah plastik dilaut ber inovasi dengan PATTASAKI dalam angkat angkut sampah di laut,” ungkap Kepala Bagian Humas Sekretariat Kota Makassar, Firman H Pagarra.

Kemudian, kata dia, orang nomor satu di Makassar ini,  menjelaskan terkait dengan inovasinya membentuk ratusan bank sampah di 15 wilayah kecamatan. Termasuk bank sampah sektoral yang ada di 12 pulau di Kota Makassar. Dimana konsep bank sampah dijelaskan bukan hanya sekadar sampah ditukar dengan beras. Namun, bisa di tukar menjadi voucher listrik.

“Pak wali juga menyampaikan jika yang terbaru sampah tukar dengan emas itu sudah dikerjasamakan dengan pihak  pegadaian,” sebut Firman.

Terakhir, lanjut Firman, Danny Pomanto juga memberikan gambaran bagaimana kondisi laut di Makassar yang memiliki potensi yang sangat indah dengan diminimalisasinya sampah plastic buangan masyarakat.

“Ini dijelaskan lebih lanjut karena Makassar telah menuju kota dunia, termasuk salah satu the Best Sunset dan the Best Waterfront City in the World,” ujar Firman.(Ismar Gobel/Yushar Mustafa)