MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 16 Maret 2017

Dinas Lingkungan Hidup Makassar Dorong Paradigma 3R dalam Kelola Sampah




(Foto: Kantor Bagian Humas Pemerintah Kota Makassar, 2017)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- 
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar selenggarakan kegiatan Pengembangan Produksi Ramah Lingkungan yang dilaksanakan di Hotel D' Maleo, Rabu (15/03/2017).

Fitriana Nur, Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, dalam laporan tertulisnya menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang proses daur ulang dengan cara sederhana untuk dijadikan barang kerajinan yang mempunyai fungsi.

"Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini setiap ASN mampu memicu secara terus menerus mendaur ulang sampah untuk menyelamatkan eksisitensi kebersihan kota dan mempunyai aspek ekonomis dari daur ulang sampah," ujar Fitriana Nur.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Makassar, Ibrahim Saleh, dalam sambutannya menekankan  pentingnya setiap ASN mengambil peranan dalam proses daur ulang sampah.

Menurutnya, bukan jamannya lagi paradigma yang selama ini menjadikan sampah hanya dikumpul, angkut dan buang, tetapi perlu paradigma pengelolaan sampah dengan paradigma 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

"Kita harapkan dengan program 3R tersebut melalui upaya cerdas, efesien dan terprogram, pengelolaan sampah daur ulang dapat menjadi gerakan yang membudaya di kota Makassar, sehingga akan terus berlangsung di masa-masa yang akan datang," terangnya.

Para Peserta kegiatan ini terdiri dari kepala SKPD, Camat, dan Lurah se-Kota Makassar. Tampil sebagai pemateri adalah Drs, Burhanuddin, MM, dengan tema "Peran serta ASN Pemerintah Kota Makassar dalam Pengembangan produksi hasil daur ulang" dan Fitriani dengan tema "Sampah menjadi kawan dengan produksi ramah lingkungan".* (Ade Ismar Gobel / Iskandar Burhan)