MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Selasa, 14 Maret 2017

Ini Kegiatan MANJARONG yang akan Diluncurkan Disnaker Makassar



(Foto: Andi Irwan Bangsawan / Kadis Ketenagakerjaan Kota Makassar, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar bersama Lurah Bangkala dan warga sekitar laksanakan kerja bakti di Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala pada Minggu (12/03/2017).

Kepala Disnaker Makassar Andi Irwan Bangsawan yang didampingi oleh Kabid IPK dan Produktivitas Tenaga Kerja Hadirman beserta Kabid Hubin Syaker Jaminan Sosial Ariansyah, mengkoordinir kegiatan tersebut.

Kerja bakti ini, menurut Kadis Andi Irwan, adalah persiapan peluncuran program Disnaker yang diberi nama Manjarong atau Mae ki Anjama Rong. Rencananya, pada 19 Maret 2017 di Kelurahan Bangkala, event ini diluncurkan.


“Hal itu dilakukan dalam rangka Program Wilayah Bebas Pengangguran dan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota untuk menjadikan Makassar dua kali tambah baik," jelas Andi Irwan.

Di event Manjarong nanti, beberapa kegiatan telah disiapkan. Diantaranya adalah pemberian pelatihan atau pendidikan keterampilan bagi warga di Kelurahan Bangkala yang berusia kerja namun belum memiliki pekerjaan.

Terkait pelatihan ini, dijelaskan Andi Irwan bahwa Disnaker Makassar sedang melakukan pendataan, berkoordinasi dengan lurah dan camat setempat, jumlah pengangguran, khususnya yang berusia kerja, di Kelurahan Bangkala.

Mereka yang terdata akan diberikan pelatihan atau pendidikan keterampilan kerja saat event Manjarong. Sejumlah keterampilan yang disiapkan, antara lain adalah handycraft atau kerajinan tangan, membuat bakso ikan lele, perbaikan/reparasi alat elektronik AC, dan membuat roti.

Disamping pemberian pendidikan keterampilan, di Manjarong nantinya juga ada sosialisasi motivasi kerja bagi pemuda dan kegiatan informasi pasar kerja di stand Disnaker Makassar.

Event Manjarong ini, menurut Andi Irwan, mendapat dukungan diantaranya dari BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, serta dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Makassar.* (Iskandar Burhan)