MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Sabtu, 18 Maret 2017

Tantangan Pelaku Humas adalah Menumbuhkan Trust Publik kepada Organisasi


(Foto: dokumentasi Humas Badan Kepegawaian Negara / BKN, 2017)

Smartcitymakassar.com. --Jakarta- Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengelar Workshop Kehumasan, di aula gedung I Kantor Pusat BKN, Rabu (15/03/2015). Ada dua materi yang disampaikan di workshop yang dihadiri perwakilan pengelola kehumasan unit kerja tersebut, seperti diberitakan Humas BKN.

Materi tersebut adalah tentang penyamaan tata cara diseminasi informasi di lingkungan kantor pusat dan kantor regional BKN serta materi tentang tata cara mengemas dan menyampaikan informasi kegiatan agar memiliki value di masyarakat.

Workshop yang dihadiri oleh peserta dari lingkungan BKN Pusat, Kantor Regional dan Unit Layanan Teknis (UPT) tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana.

Dalam arahannya, disampaikan pelaku humas merupakan simpul informasi yang semestinya selalu siap menjelaskan informasi yang dibutuhkan publik.

“Pelaku humas merupakan front office yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Humas juga merupakan pihak yang memasarkan produk dari organisasi tempat dia bekerja. Di sini letak pentingnya seorang pelaku humas memiliki kemampuan memasarkan produk organisasi hingga konsumen mengenal dan mempercayai produk organisasi. Jadi menumbuhkan trust publik terhadap produk institusi merupakan tantangan yang perlu dijawab oleh pelaku humas,” jelas Kepala BKN.

Kepala BKN juga menuturkan, pelaku humas harus mampu menyebarluaskan informasi dengan tetap menjaga kejujuran. Dalam penyebarluasan informasi tersebut, sambung Bima, seorang pelaku humas perlu melakukan polesan terhadap content sebuah pemberitaan agar mampu mencakup target audiences yang banyak. “Jadi bisa saja inti content-nya sama, namun dikemas dalam bentuk yang berbeda dan disesuaikan dengan karakter audiences yang akan dihadapi”.

Di bagian lain, Kepala BKN juga menekankan pentingnya pelaku humas menjaga hubungan baik dengan media. “Media relations itu perlu dibina. Bukan melulu berkaitan dengan pemberitaan, tetapi penting pula kiranya menjaga hubungan personal dengan awak media,” jelas Bima.

Sementara itu dalam paparan materi inti dari workshop tersebut, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyampaikan materi tentang penyamaan tata cara diseminasi informasi di lingkungan kantor pusat dan kantor regional BKN dan Digital Agency menyampaikan materi tentang tata cara mengemas dan menyampaikan informasi kegiatan agar memiliki value di masyarakat.* (Thoha Pacong)