MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Minggu, 16 April 2017

Hidangan Pallumara di Lesehan Bugies

(Sumber: SmartCity Online News and Information, 2017)

smartcitymakassar.com - Makassar - Kota Makassar adalah surga bagi pecinta kuliner. Tak heran jika Kementerian Parawisata RI memberikan gelar sebagai Kota Wisata Kuliner. Selain itu, ada 10 jenis kuliner berasal dari Makassar mendapat hak paten dari pemerintah. Contohnya adalah pallumara (makanan berkuah seperti ikan bolu atau ikan bandeng).

Pallumara begitu akrab di lidah masyarakat kota Anging Mammiri. Banyak rumah makan atau warung menyediakan hidangan ini. Salah satunya adalah Lesehan Bugies yang berlokasi di jalan Sunu Kompleks Unhas Blok G Nomor 6.

Di Lesehan Bugies, rasa pallumaranya khas, perpaduan antara asam dan manis. Daging ikannya lembut dengan kuah bening yang menggoda. "Silahkan dicoba. Rasa pallumaranya berbeda dengan yang lainnya. Karena menggunakan rempah-rempah khusus dan resep masakan yang diwariskan oleh leluhur kami,' jelas Irman, pemilik sekaligus pengelola.

Tak elok jika hidangan pallumara tidak ditemani sambal. Anda bisa memilih sambal apa yang diinginkan. Apakah sambal terasi, sambel pete, sambal dabu-dabu, atau racca mangga.

Selain pallumara, beragam masakan disajikan di sana. Seperti nasi goreng, mie goreng, ayam bakar atau ayam goreng, ikan bolu bakar atau ikan bolu goreng, dengan pilihan cah kangkung, terong balado, atau cah paria sebagai menu tambahan.

Tentu saja minuman dingin atau panas bisa dinikmati. Untuk minuman dingin, seperti jus sirsak, jus mangga, jus wortel, jus alpukat, jus jeruk, es teh manis, milo dingin, dan es kelapa muda. Sedangkan minuman panas, bisa memesan kopi susu atau kopi biasa, teh susu atau teh biasa, dan ada juga tersedia minuman khas kota Makassar - Sarabba.

Sambil menunggu masakan utama disajikan, Anda bisa memilih tempat untuk bersantap. Apakah duduk di kursi atau duduk di lantai (lesehan) dengan fasilitas wifi yang siap menemani*(Rahmat Mustafa)