MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Sabtu, 08 April 2017

IAI Adakan Studi Konservasi Cagar Budaya di Fort Rotterdam



(Foto: Humas Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kota Makassar, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Hari ketiga kegiatan City and Civilization Convention Architecture yang digelar oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) kunjungi Benteng For Rotterdam untuk studi lapangan, pada Jum'at (07/04/2017).


Dalam sambutanya, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP), Fathur Rahim yang mewakili Wali Kota Makassar, memaparkan bahwa Kota Makassar merupakan kota sejarah yang berskala dunia, salah satu buktinya adalah Fort Rotterdam.

"Kita ketahui sejarah yang terkandung di dalam Fort Rotterdam tidak hanya para pelaku sejarahnya saja, namun bangunan Fort Rotterdam juga sudah menjadi icon bagi Kota Makassar. Bahkan Fort Rotterdam menjadi salah satu kawasan pariwisata bagi tourist luar maupun lokal," tambah Fathur Rahim.

Dalam kesempatan itu, Fathur Rahim mengucapkan terima kasih kepada IAI yang menjadikan Benteng Rotterdam sebagai objek studi konservasi cagar budaya.

Studi lapangan oleh IAI ini di Fort Rotterdam bertujuan untuk mengenal lebih dalam sejarah yang terkandung di dalamnya. Khususnya, lebih mengenal lagi struktur bangunan yang terus bertahan hingga sekarang.* (Iskandar Burhan)