MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 29 Juni 2017

Layanan Call Center 112 Makassar Tuai Pujian Warga

Foto: Istimewa  

smartcitymakassar.com - Makassar - Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 Kota Makassar betul-betul menjadi salah satu program yang dirasakan manfaatnya masyarakat.

Layanan call center 112 yang leading sektornya pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar ini beroperasi 24 jam bagi masyarakat Makassar.

Melalui telepon 112 tanpa biaya panggilan atau gratis, masyarakat Makassar yang memiliki keluhan, termasuk pelayanan langsung di respon.

Kembali terbukti warga memberikan apresiasi dan terima kasih dengan respon cepat atas laporan yang masuk.

Seperti yang disampaikan Ketua RT 01 RW 05, Kelurahan Rappocini, Kecamatan Rappocini, Wahida, malam tadi, Rabu (28/6/2017). Dimana pohon tumbang di Jl Inspeksi Kanal Rappocini yang menimpa sebuah motor yang terparkir di depan pos kamling langsung ditangani.

"Terima kasih layanan call center 112 Makassar atas respon cepatnya menanggapi pengaduan warga tentang pohon tumbang di Jl. Inspeksi Kanal Rappocini," tulis Wahida melalui sambungan WhatsApp.

Sementara Lurah Rappocini, A. Firmansyah Idjo mengatakan kejadian pohon tumbang terjadi sekitar Pukul 17. 40 Wita malam tadi. Menerima laporan warga, Lurah A. Idjo sapaannya ke lokasi lalu mengarahkan warga untuk mengubungi 112.

"Sekitar 10 menitan setelah menelpon ke 112, satgas (satuan tugas) pohon tumbang tiba di lokasi dan mengambil tindakan. Kami bangga respon cepat 112 membantu warga," puji A. Idjo.

Tak ada korban jiwa atas kejadian ini. Pohon tumbang juga sudah di tangani satgas. Warga bisa kembali beraktifitas di wilayah sekitar tanpa ganguan pohon tumbang.

Sebelumnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar Ismail Hajiali mengatakan jika Layanan 112 bisa di akses Masyarakat 24 Jam, layanan ini berupa pangilan Emergency.

“Sudah kami luncurkan, masyarakat tak perlu khawatir dan kesulitan lagi, jika memerlukan pertolongan silahkan hubungi Call Center kami 112, yang bisa d akses 24 jam," katanya.

Menurut Ismail masyarakat Makassar hanya menunggu 5 menit sampai 10 menit, Tim dari dinas terkait akan langsung turun kelapangan, baik berupa aduan kebakaran, kemacetan, parkir liar, genangan air, pohon tumbang, lampu jalan, hingga layanan Kesehatan Home Care.

Ismail Hajiali menambahkan, tak perlu khawatir bagi masyarakat Kota Makassar yang akan mengakses layanan ini, pasalnya sedikitnya 21 petugas dari Diskominfo Kota Makassar dikerahkan untuk malayani masyatakat Makassar, jika sedang mengakses layanan 212.


Sampai saat ini, layanan Call Center 112 telah banyak di akses masyarakat Makassar, kebanyakan Warga mengadu soal adanya pohon tumbang, kemacetan, hingga genangan air pada musim penghujan.**(Iskandar Burhan)