MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Senin, 31 Juli 2017

Tanam Rempah-Rempah Hasinya Bisa Lebih Besar dari Gaji Menteri

Foto: Istimewa  

smartcitymakassar.com - Makassar - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman  saat ini sedang menargetkan pengembangan produksi rempah-rempah di tanah air. Mentteri Amran ingin menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia.

"Ini mimpi besar kita semua, mengembalikan kekayaan rempah-rempah yang bisa sejahterakan Indonesia bersama juga dengan perkebunan holtikultura," ujar Mentan saat memberi arahan pada kepala daerah dan kadis pertanian di Rakor Perbenihan Perbibitan Wilayah Sulawesi di Makassar, Sulsel, Senin (31/7/2017).

Menteri Amran mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mendukung penuh rencana pengembangan rempah-rempah dan pertanian holtikultura.

Bahkan, Presiden sudah mengizinkan penggunaan dana senilai Rp 5,5 triliun untuk membantu petani mengembalikan kejayaan rempah-rempah di tanah air.

"Presiden mengatakan kita pasti bisa mengembangkannya. Bayangkan kalau petani menanam rempah-rempah satu hektar, keuntungannya bisa kalahkan gaji menteri dan gubernur. Bisa dapat 200 juta pendapatannya. Jadi petani bisa lebih kaya dari menteri, karena hasil usaha pertaniannya," sambung Menteri Amran yang langsung disambut tawa para pegawainya dan kepala daerah.

Menteri Amran juga membeberkan data seputar perkembangan rempah-rempah di Indonesia dari dulu hingga saat ini.


Untuk tanaman pala, peringkat produksi pertaniannya mencapai 34,3 ribu ton dan menjadi nomor satu di dunia. *(Fatahillah Mansur)