MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Senin, 23 Oktober 2017

Dinas Perumahan Makassar Bentuk Tim Guna Percepatan Verifikasi Fasum dan Fasos


(Foto: Istimewa)


Smartcitymakassar.com --Makassar- Dalam rangka percepatan verifikasi fasum fasos, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Makassar membentuk dua tim kelompok verifikasi.

Hal tersebut disampikan oleh Kabid PSU Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Makassar, M. Gari Baldi, pada Senin (23/10/2017).

"Untuk lebih mempercepat lagi pendataan dan verifikasi data fasum fasos dari 491 pengembang, kita bentuk menjadi dua kelompok, dua kelompok terpenuhi kemudian kita akan membagi zona atau lokasi dari 491 pengembang," kata M. Gari Baldi.

M. Gari Baldi menambahkan, selain keinginan para pengembang itu sendiri untuk menyerahkan fasum fasosnya langsung, dua kelompok tim verifikasi tersebut tetap akan turun langsung ke lapangan.  Menurutnya, yang paling penting adalah kerja tim verifikasi untuk dapat berkoordinasi dengan para stakehoder terkait, seperti para lurah dan camat.

"Lurah dan camat tentu masuk dalam bagian terpenting saat kita turun di lokasi melakukan peninjauan dan verifikasi sampai ke pengukuran," urai M. Gari Baldi.

Lokasi-lokasi yang telah diverifikasi, jelas M. Gari Baldi, dan tidak memiliki lagi kendala akan segera dipasangkan papan bicara sebagai bukti bahwa fasum fasos tersebut sudah tidak ada lagi kendala. Ini berarti, lokasi sudah dalam penguasaan fisik oleh Pemkot Makassar berdasarkan site plan.

"Menyangkut administrasinya, kita serahkan kepada stakeholder yang membidangi," imbuhnya.

M. Gari Baldi melanjutkan, "Jika nantinya di lapangan terjadi kendala atau perubahan, baik luas ataupun peruntukkannya (alih fungsi), kami dari Tim Verifikasi PSU tetap akan melaporkan kepada Tim Terpadu untuk dikaji sesuai dengan peraturan yang berlaku, apakah itu nantinya sifatnya perdata ataupun pidana".* (Ron/Is)