MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 12 Oktober 2017

Green Building Council Indonesia Buka Perwakilan di Makassar



(Foto: Bagian Humas Pemkot Makassar, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Green Building Council Indonesia (GBCI), sebuah lembaga nirlaba di bawah naungan World Green Building Council (WGBC) PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) membuka kantor perwakilan di Makassar yang
 menjadi kota ketiga perwakilan GBCI setelah Bandung, dan Bali.

Chairperson GBCI, Naning S. Adiningsih Adiwoso GP, bersama Perwakilan GBCI Wilayah Sulawesi Selatan, Anna Meyliawati, bertemu Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto di kediaman resmi wali kota, Jalan Penghibur, pada Kamis (12/10/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Danny mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan GBCI memiliki visi yang sama dalam mengedukasi masyarakat berperan nyata menciptakan lingkungan yang sehat.

Konsep green building mengajarkan bagaimana menurunkan emisi. Green building berarti efisiensi energi, konservasi air, green product, kualitas sampah semakin baik yang artinya dapat memilah sampah. Target jangka panjangnya di tahun 2030 bangunan menjadi zero nett.

"Selama ini yang masuk ke bangunan energi keluarnya emisi, masuknya barang keluarnya sampah, masuknya air keluarnya air kotor. Setiap kota harus jadi kota sehat ke depannya," kata Aning Adiningsih.

Sejumlah program yang dimiliki pemerintah kota dapat disinergikan dengan GBCI. Chairperson Aning Adiningsih menuturkan, Makassar bisa menjadi role model bagi kawasan Indonesia timur dalam penerapan konsep green buildingKeduanya bisa secara bersama mengedukasi masyarakat membudayakan hemat energi agar tidak ada lagi emisi.* (IsKandar Burhan)