MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 26 Oktober 2017

Indira Jusuf: Kebersihan adalah Indikator Standar Kota Dunia



(Foto: Istimewa)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Jusuf Ismail mengunjungi lokasi lorong sanitasi Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Rabu (25/10/2017).


Kedatangan Indira adalah guna memantau langsung lorong-lorong yang akan mengikuti lomba sanitasi tingkat kelurahan se-Kecamatan Tallo.

"Ini harus disosialisasikan agar masyarakat ini paham bagaimana manfaatnya kalau lingkungan kita bersih," ucap Indira.

Kepada warga, Indira menyemangati mereka agar terus melakukan hal-hal yang positif untuk tetap menjaga kebersihan minimal di rumah masing-masing. Dia juga menyampaikan, masyarakat harus mulai membiasakan bekerja berdasarkan standar kota dunia.

"Kita sekarang menuju Kota dunia dan sekarang masyarakat harus mulai membiasakan diri. Karena standar Kota dunia juga itu indikatornya adalah kebersihan," jelasnya.

Sementara itu, Kadis PU Kota Makassar, Muhammad Anshar, menambahkan bahwa saat ini pemerintah telah membangun sejumlah IPAL. Ada sebanyak 134 IPAL yang telah tersebar di beberapa kecamatan di Kota Makassar.

"Kecuali di Kecamatan Ujung Pandang, kami tidak bangun karena itu sudah kawasan kota yang cukup standar," ujarnya.

IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah sarana untuk mengolah limbah cair (limbah dari WC, dari air cuci/kamar mandi). Yang akrab bagi masyarakat adalah IPAL untuk limbah WC lebih dikenal dengan sebutan septic tank.

IPAL bisa dibangun secara pribadi atau digunakan untuk satu keluarga/bangunan dan dioperasikan sendiri. Bisa juga satu IPAL digunakan bersama-sama atau komunal.

"Air limbah atau air buangan tidak bisa dibuang begitu saja, seperti halnya limbah padat atau sampah yang juga tidak bisa dibuang sembarangan," tambah Muhammad Anshar.

Meskipun kelihatannya air limbah bisa langsung meresap ke dalam tanah atau mengalir di sungai, air limbah rumah tangga sebenarnya juga merupakan limbah yang merusak lingkungan hidup.

Turut Hadir dalam kunjungan tersebut diantaranya adalah Camat Tallo Zainal Abidin, para lurah se-Kecamatan Tallo, Ketua LPM, ketua RT/RW dan tokoh masyarakat setempat.* (Iskandar Burhan).