MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Rabu, 25 Oktober 2017

Ini Fungsi Penting Laboratorium Kesmavet DP2 Makassar



(Foto: Humas Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, 2017)

Smartcitymakassar.com -Makassar- Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar mempuyai Laboratorium Kesehatan Hewan Veteriner (kesmavet) berlokasi di Sudiang.

Kepala Dinas DP2 Abd Rahman Bando, Selasa (24/10/2017), mengatakan Laboratorium Kesmavet Sudiang dipakai untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian sampel produk peternakan untuk mengetahui apakah organoleptik atau uji fisik (warna, bau, konsistensi).

"Tadi petugas laboratoriun mengambil sampel di Pasar Sentral, TPU Ablam, Pasar Antang, Pasar BTP Blok A, Gelael, Carrefour, TransMart Daya, Carrefour Tamalanrea dan Giant Tamalanrea," ungkapnya.

Di laboratorium ini, tambahnya, DP2 Makassar juga melakukan uji formalin dan boraks terhadap bakso, sosis, dan nuget, untuk mengetahui apakah memiliki kandungan formalin dan boraks.

Sementara itu Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner DP2 Bagoes Dwi Formanto mengatakan, secara umum semua sampel produk peternakan yang diperiksa pada Selasa (24/10/2017) hasilnya normal dan layak dikonsumsi.

"Dan hasil yang diperoleh dari laboratorium yaitu: pH normal, uji eber/kebusukan: negatif, uji boraks: negatif, uji formalin: negatif. Hasilnya normal semua dan layak dikonsumsi," paparnya.* (Iskandar Burhan)