MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 19 Oktober 2017

Iwo Sulsel Apresiasi Buku ke-6 Pangdam XIV Hasanuddin





(foto: Istimewa)

smartcitymakassar.com-Makassar. Beragam apresiasi diberikan atas karya Ilmiah Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti di acara launching dan bedah buku berjudul “dari Wirabuana ke Hasanuddin’, yang digelar di Gedung Graha Pena lantai 19, Kamis (19/10/2017).

Salah satunya datang dari organisasi profesi Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulsel, yang juga hadir sebagai peserta pada acara tersebut.

“Dari sekian banyak jenderal di Indonesia, sangat jarang ada yang mampu menulis buku seperti Beliau, disela kesibukannya yang padat masih bisa menyempatkan diri untuk menuangkan hasil pemikirannya dalam sebuah buku,” ucap Zulkifli Thahir, Ketua PW IWO Sulsel.

“Kami dari IWO Sulsel sangat mengapresiasi dengan terbitnya buku ke enam bapak Pangdam, ‘dari Wirabuana ke Hasanuddin’ ini, karena buku ini selain menginspirasi dan ada sejarah namun buku ini juga adalah sebuah karya jurnalistik yang berisikan gambaran dan informasi menyeluruh terhadap perubahan dan kinerja kodam XIV Hasanuddin selama dipimpin oleh Mayjen Agus SB,” tambah Abang Chuleq sapaan akrab Ketua IWO Sulsel.

Harapannya kedepan, jalinan antara TNI dan IWO terus berlanjut dan jika diijinkan IWO Sulsel minta dilibatkan dalam penggarapan karya-karya berikut khususnya dibidang jurnalistik di lingkup Kodam Hasanuddin baik itu penggarapan buku, diskusi ilmiah, pelatihan jurnalistik sekaligus pemberitaan yang mengedukasi publik.

Sebelumnya, Pangdam sempat memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh organisasi pers dalam sambutan awal atas kehadiran di acara tersebut.

“Saya sangat berterima kasih kepada organisasi pers yang hadir pada acara ini yakni, PWI, AJI, IJTI dan IWO.”

Pangdam Mayjen TNI Agus SB, juga menekankan, betapa besar jasa pahlawan Sultan Hasanuddin dalam memperjuangkan kemerdekaan, sehingga nama Raja Gowa diabadikan menjadi bagian dari TNI yakni Kodam XIV Hasanuddin.

“Persatuan Bangsa harus selalu dijaga agar paham paham radikal di Indonesia dapat ditangkal dengan sistem pendekatan kepada masyarakat,” katanya.

Setelah acara bedah buku berlangsung, terlihat para undangan antusias berfoto dengan pangdam dan bergiliran meminta Pangdam untuk menandatangani buku hasil karyanya.

Hadir pada acara bedah buku antara lain, Kolonel Kav Bueng Wardadi (Irdam XIV/Hsn, Prof. Dr. Barsihan Noor (Bidang Sosiologi), Dr. Iqbal Suthan (Pakar Komunikasi Unhas), Dr. Suryadi Mappangara (Bidang ahli sejarah Unhas), Staf ahli Pangdam XIV/Hsn, Para asisten kasdam XIV/Hsn, Para kabalag Kodam XIV/Hsn, Para Dansat jajaran kodam XIV/Hsn, Para kabalag dan para Dansat jajaran kodam XIV/Hsn dan Ruslan Ramli (Pemred Harian Fajar) sekaligus editor buku serta para tamu undangan. (ril/is)