MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 09 November 2017

Andi Sudirman Sulaiman Apresiasi Upaya Kreatif Kades Mappesangka bagi Warganya



(Foto: Fatahillah Mansur / SmartCityMakassar.com®, 2017)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Saat berada di Desa Mappasengka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Andi Sudirman Sulaiman bertemu kepala desanya, Andi Rasdi Sumange, Kamis pagi (09/11/2017).

Kepada Andi Sudirman Sulaiman, kepala desa ini ceritakan cara uniknya membangunkan warganya yang petani. Saban pagi, dia sudah berada di sawah. Jika warganya telat ke sawah, dia sendiri yang menjalankan mesin traktor yang sudah siap di sana.

Cara kreatif dalam mendorong dan memberdayakan warganya tidak hanya di situ. Warganya yang mengandalkan pada tanaman padi pun didorongnya ke penanaman bibit jagung. Menurut Andi Rasdi, petani jangan hanya mengandalkan pada padi, tapi juga pada jagung.

Ditambahkannya, di musim hujan warganya tidak perlu khawatir soal pengeringan jagung. "Kami sudah siapkan alat pengeringnya, jadi tinggal dimasukkan saja ke dalam alat itu. Dalam 2 jam bisa dikeringkan sebanyak 3 ton," sebut Kepala Desa kreatif ini.

Mendengar penjelasan dari Kepala Desa Mappasengka itu, Andi Sudirman Sulaiman pun lantas memberikan apresiasi terhadap upaya kreatif yang dilakukan bagi warganya tersebut.* (Fatahillah Mansur)