MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Minggu, 05 November 2017

Bro Rivai : Jaga Etika dalam Membuat Berita


Foto: Istimewa  

smartcitymakassar.com - Makassar - Bakal Calon Gubernur Sulsel, H. Abdul Rivai Ras yang lebih dikenal dengan Bro Rivai, mengimbau awak media untuk membangun pemberitaan yang baik dan berimbang serta tidak menyulut konflik alias memegang teguh jurnalisme damai. 

“Melihat politik Sulsel sekarang ini yang mulai meningkat, saya berharap kepada teman-teman media agar memberitakan sesuatu yang menarik tapi tidak kontraproduktif dengan realitas yang ada. Bangunlah iklim politik yang kondusif, jauhkan saling permusuhan dan berita-berita negatif yang kontennya berbeda dengan judul yang diangkat, sehingga mengarah pada fitnah maupun menyudutkan pihak-pihak tertentu,” kata Bro Rivai, Sabtu (5/‎11/2017) lalu.

Pendiri Universitas Pertahanan (Unhan) ini mengaku sudah siap dengan segala resiko yang muncul akibat komitmen politik yang ia bangun bersama tim dan masyarakat. Menurutnya perjuangan belum usai karena belum ada tiket Pilgub yang hari ini bersifat final di setiap partai politik, ucapnya Bro Rivai ke media. 

“Media jangan hanya karena ingin berita yang menarik tetapi justru mempelintir berita yang tidak sesuai dengan narasumber. ‎Sebagai contoh, pembiayaan politik itu adalah sesuatu yang lumrah, sudah semestinya, dan masuk akal. Tak perlu kemudian diributkan dengan menjadikannya konsumsi publik‎,” kata mantan Staf Khusus Sekretaris Militer Presiden di era SBY ini.

Hal yang tidak pantas adalah menempuh cara-cara transaksional untuk meraih kekuasaan. Lantaran perilaku seperti itu cenderung mengarahkan orang kepada tindakan koruptif di kemudian hari.

“‎Hal ini harus dicatat, political cost (biaya politik) itu berbeda dengan politik uang (money politics). Saya sadar betul bahwa political cost itu harus ada, karenanya ikut dalam giat politik, seorang politisi harus punya modal yang cukup,” pungkasnya.(Fatahillah Mansur)