MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Sabtu, 18 November 2017

Disdukcapil Makassar Kembali Gelar 'Layanan Kupastas' di Barombong



(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com.--Makassar- Dalam memperingati Hari Kedisiplinan ASN yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar kembali menggelar pelayanan masyarakat dalam memenuhi kelengkapan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil (Kupastas).

Kupastas bertujuan untuk membantu warga masyarakat sekitar untuk memenuhi dokumen kependudukan dan pencatatan sipilnya, yaitu penerbitan Akte Kelahiran, perekaman KTP-el, dan penerbitan Kartu Keluarga yang diselesaikan di tempat.

Kegiatan "Pelayanan Kupas Tas" kali ini akan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 17 hingga 18 November bertempat di Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate.

Salah seorang warga Barombong, Dg. Nanring, yang sehari-harinya sebagai buruh harian lepas merasa senang dan terasa terbantu dengan adanya pelayanan petugas capil yang langsung turun ke lapangan.

"Warga di sini banyak yang belum mempunyai dokumen kependudukan, jadi untuk datang mengurusnya ke Capil atau di kantor kecamatan mereka enggan, karena disibukkan dengan berbagai aktifitas sehari-hari," ucapnya.

Kadisdukcapil Nielma Palamba yang ditemui, Jumat (17/11/2017), mengatakan bahwa program Kupastas yang digelar adalah program rutin Disukcapil kegiatan sebagai program pro rakyat atau society approach (pendekatan masyarakat).

Kupastas, lanjut Nielma, dilaksanakan secara rutin untuk meningkatkan cakupan kepemilikan akte kelahiran dan peningkatan progres perekaman KTP el, khususnya bagi warga marginal yang berusia wajib KTP.* (Dayat/Iskandar Burhan)