MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Rabu, 15 November 2017

Orasi Ilmiah Prof Nurdin Abdullah Retas Jalan Menuju Kejayaan Sulsel

Foto: Istimewa   

smartcitymakassar.com - Makassar- Puluhan ucapan karangan bunga Profesor HM Nurdin Abdullah tampak terlihat di area Gedung Rektorat di antaranya dari Presiden RI, H Jokowidodo, Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Menteri Pertanian dan HA Amran Sulaiman, dan Wakapolri Komjen Polisi Syafruddin.di Gedung Rektorat Unhas, Rabu (15/11/2017).

Bupati Bantaeng, Prof HM Nurdin Abdullah dikukuhkan menjadi guru besar Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin dalam rapat Senat Univeritas,

Orasi Ilmiah Profesor HM Nurdin Abdullah dengan judul “Integrasi Pembangunan Wilayah Hulu dan Hilir sebagai Strategi Konservasi Tanah dan Air Guna Peningkatan  Kesejahteraan Masyarakat” dibacakan di hadapan para profesor, Cendekiawan dan tokoh-tokoh undangan.

Menurut Prof Nurdin Abdullah, pembangunan yang terintegrasi antara hulu dan hilir telah diaplikasikan di Bantaeng dan terbukti sukses mendongkrak pendapatan dan kesejahteraan rakyat.

Banyak hal telah dilakukan di Bantaeng, di antaranya pembangunan sektor agro wisata di hulu seperti kebun apel, strowberry dan pembinaan petani.

Sementara di hulu, jelasnya, dibangun pusat pariwisata di antaranya Pantai Marina dan Pantai Seruni.

"Pengembangan Pantai Marina dan Pantai Seruni menumbuhkan industri kuliner. Kebutuhan industri kulinet di hulu ini dipasok oleh para petani di hilir," jelasnya.

Ketua Dewan Profesor Unhas, Prof Dr Abrar Saleng mengatakan, kesuksesan Prof Nurdin Abdullah membangun Bantaeng harus diaplikasikan dalam wilayah yang luas. Abrar Saleng pada kesempatan itu menyampaikan sambutannya lebih banyak memuji kesuksesan Nurdin Abdullah dalam membangun Bantaeng.

Abrar Saleng menilai, Nurdin Abdullah sukses mengaplikasikan ilmunya dalam pembangunan di Kabupaten Bantaeng.

Ketua Majelis Wali Amanat Unhas, Prof Dr H Basri Hasanuddin, dalam sambutannya mengagumi Nurdin Abdullah. Menurut Basri Hasanuddin, sudah ada bakat kepemimpinan dari diri Nurdin Abdullah, "sejak Nurdin Abdullah kuliah menunjukkan kharisma intelektual organik", tegas Prof Basri.

Basri Hasanuddin meminta kepada para guru besar dan hadirin bersedia  mendukung dan membantu Nurdin Abdullah melangkah lebih lanjut dalam  mengabdikan ketulusan seorang pemimpin cendekia di wilayah yang lebih luas.

Basri Hasanuddin menilai, Nurdin Abdullah bukti sukses seorang cendekiawan, menjadi suluh  pembangunan Bantaeng dan menjadi daerah yang sangat dikenal di tingkat nasional dan internasional. Modal kearifan dan kerja nyata Nurdin akan membawa kembali masa keemasan Sulsel.

Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, mengatakan, Nurdin Abdullah adalah sosok yang komplit sebagai pemimpin, sebab bermodalkan kapasitas  ilmuwan sekaligus praktisi.

Prof Dwia menyatakan  bangga jika ada alumni yang bisa menduduki jabatan strategis. Dwia mendoakan agar lebih banyak lagi alumni Unhas yang menduduki jabatan strategis. Ungkap Rektor Unhas

Ada juga karangan bunga dari puluhan bupati dari seluruh Indonesia. Bakal calon Gubernur Sulsel yang berpasangan dengan Andi Sudirman Sulaiman itu, juga menjabat sebagai Sekertaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). (Fatahillah Mansur)