MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Rabu, 08 November 2017

PT. Karapoto Teknologi Finansial Sebagai Pionir P2P Lending Di Wilayah Timur Indonesia

(Foto : SmartCity Online News 2017)
Smartcitymakassar.com. --Makassar-- Fintech atau Financial Technology merupakan inovasi dalam layanan keuangan (National Digital Research Center, Dublin, Irlandia). Salah satu jenis Fintech adalah P2P Lending yaitu, sebuah produk inovasi dalam teknologi keuangan berupa marketplace untuk menghubungkan pelaku usaha (mikro dan UMKM) yang memerlukan pembiayaan dengan para investor yang ingin mendanai usaha tersebut berdasarkan pertimbangan resiko dan bagi hasil yang sesuai.

Karapoto adalah produk Financial Technology pertama di wilayah Timur Indonesia, dengan kantor pusat di Ternate Tengah, Maluku Utara dan kantor cabang di Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam bahasa Ternate, Karapoto berarti tunas atau tumbuhan muda yang baru timbul. Sesuai dengan artinya, Karapoto memiliki visi menjadi tunas bangsa yang dapat memajukan perekonomian Indonesia, khususnya di wilayah Timur Indonesia.

"Kami hadir untuk menjangkau dan memberikan layanan keuangan secara peer to peer kepada masyarakat piramida bawah demi tercapainya program keuangan inklusif yang dicanangkan pemerintah," kata Ardiansyah, Direktur Utama Karapoto Teknologi Finansial.

Karapoto menyasar sektor mikro dan UMKM yaitu masyarakat kecil seperti: nelayan, petani, peternak, pengrajin, dan lainnya. Salah satu contoh nelayan, dalam menangkap ikan masih menggunakan  cara tradisional dengan teknik penangkapan seadanya saja sehingga hasilnya tidak maksimal. Kendala inilah yang menjadi perhatian besar Karapoto, mulai dari hulu sampai hilir yaitu, mulai dari pendanaan, bimbingan, pelatihan, dan pendistribusian hasil. 

Munculnya Karapoto merupakan alternatif sumber pendanaan bagi pelaku usaha mikro dan UMKM untuk meningkatkan bisnis tersebut. "Industri Pendanaan Gotong Royong Online atau istilah umumnya Online Fintech Lending sebagai alternatif sumber pendanaan ke-4 di Indonesia disamping Perbankan, Pasar Modal, dan Perusahaan Pembiayaan yang sudah umum dikenal masyarakat," urai Hendrikus Passagi. Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK. 

Dengan menyasar kepada segmen masyarakat bawah, Karapoto akan banyak mengandalkan platform layanan pinjam-meminjam berbasis teknologi informasi melalui situs web, www.karapoto.co.id dan dalam waktu dekat layanan ini juga dapat diunduh melalui Google Play. 

Kehadiran Karapoto di Ternate dan Makassar telah menjadi tonggak sejarah bagi dunia keuangan yang diharapkan dapat membantu taraf hidup masyarakat kecil dan tentunya meningkatkan percepatan ekonomi daerah. Kini, masyarakat dapat mengajukan pinjaman secara online dengan mudah, cepat, dan aman melalui Karapoto, perusahaan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan**(Rahmat Mustafa)