MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Jumat, 17 November 2017

Tips Agar Gadget Aman Bagi Anak

(Foto: SmartCity Online News 2017)
Smartcitymakassar.com. -Makassar- Dewasa ini kita telah berada dalam era globalisasi, dimana penggunaan teknologi informasi begitu marak. Globalisasi melahirkan kompetisi sangat ketat, sehingga perkembangan teknologi informasi melaju pesat. Impaknya, berbagai piranti yang digunakan untuk akses informasi melahirkan ragam variasi. Salah satunya adalah gadget.

Gadget merupakan istilah Inggris yang berarti perangkat elektronik kecil mempunyai fungsi khusus. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elekronik lainnya adalah unsur “Kebaruan”. Yaitu, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.

Tak mengenal usia, tak mengenal jenis kelamin, gadget sudah menjadi kebutuhan primer. Apapun aktifitas seseorang  selalu ditautkan dengan alat tersebut sebagai media penunjang. Seperti sebuah koin yang mempunyai dua sisi mata uang, satu sisi gadget memiliki efek positif, sisi lainnya efek negatif. Utamanya bagi perkembangan anak.

Menurut hasil penelitian, efek negatif gadget pada anak antara lain: Obesitas, pertumbuhan otak yang terlalu cepat, hambatan perkembangan,  gangguan tidur, agresif, penyakit mental, radiasi, pikun digital, dan adiksi. 

Agar gadget aman bagi anak, perlu diperhatikan hal sebagai berikut : (1) Buat aturan main, misalnya: melarang anak untuk melihat layar LCD terlalu dekat, menjelaskan aplikasi apa saja yang bisa digunakan bagi anak (2) Unduh tema kartun agar menarik (3) Ubah ikon dan font menjadi lebih besar, agar aman bagi mata anak. (4) Kunci beberapa aplikasi yang bukan untuk anak (5) Mengatur filter pada google play, agar anak terhindar dari permainan konten dewasa dan kekerasan. (6) Jangan berikan akses terhadap sosial media**(Rahmat M)