MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Selasa, 05 Desember 2017

Bappeda Makassar Gelar Bimtek Renstra dan Renja



(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com.--Makassar- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Makassar, menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Renstra dan Renja berdasarkan Permendagri No. 86 Tahun 2017, Selasa (5/11/2017), di Hotel Condotel,  Jalan Jend. M Yusuf, Makassar.

Dalam laporannya Kepala bidang Perencanaan dan Pengendalian Bappeda Kota Makassar, Anwar, menjelaskan, Bimbingan Teknis tersebut adalah sebagai dasar bagi seluruh SKPD dalam menyusun dokumen Perencanaan Tahun anggaran 2018 agar terjadi pemahaman yang sama dalam perencanaan program prioritas pembangunan nasional.

“Dengan adanya bimbingan teknis akan menjamin agar pembangunan berjalan efektif efesien dan bersasaran yang tujuannya saling koordinasi antara pelaku pembangunan, menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi yang baik," ucap Anwar.

Dalam sambutannya, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto yang dibawakan Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar H. Baso Amiruddin mengatakan, bimbingan teknis yang dilaksanakan memiliki arti yang sangat strategis dan penting dalam konteks penyamaan persepsi  sekaligus pendalaman terhadap substansi Undang undang No 25 tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

“Dengan memahami renstra dan renja tentunya akan terjadi sinergitas dalam pelaksanaan program pembangunan daerah antara wilayah. Sehingga menciptakan efisiensi alokasi sumber daya dalam pembangunan ke depan,” terang H. Baso Amiruddin.

Oleh karena itu, lanjutnya, bimbingan teknis ini mampu menjadi pedoman setiap SKPD untuk menyususn rensta dan renja SKPD.

Dengan berpedoman pada RPJMD untuk jangka lima tahun serta Renstra dan Renja sehingga tupoksi setiap SKPD harus wajib diterapkan dan memcapai standart minimum SPM yang telah ditetapkan.

Baso Amiruddin berharap dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas penyususnan dokumen Renstra dan Renja setiap SKPD ke depan.

“Dengan memahami apa yang diberikan oleh pemateri tentunya tiap peserta mampu meningkatkan dan semakin baik dalam mewujudkan sinkronisasi antara perencanaan dan penganggaran serta keselarasan dokumen perencanaan lainnya,” jelas Baso Amiruddin mengakhiri sambutannya.

Peserta bimbingan teknis yang hadir diundang berdasarkan surat perintah yang terdiri dari seluruh Sekretaris Dinas dan Kasubag perencanaan Pemerintah Kota Makassar.

Adapun narasumber yang memberikan materi Bimbingan tekhnis berasal Akademisi yaitu bapak Prof. Darmawan dan DR Sultan.* (Dayat/Iskandar Burhan)