MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 14 Desember 2017

Damkar Makassar Gelar Sosialisasi Sistem Proteksi Kebakaran



(Foto: Bagian Humas Pemkot Makassar, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar menggelar Sosialisasi Sistem Proteksi Kebakaran, Kamis (14/12/2017) bertempat di Hotel Ibis, Jalan Maipa Makassar.

Sosialisasi dimaksudkan memberikan pemahaman sistem proteksi kebakaran kepada pemilik bangunan dan gedung bertingkat di Kota Makassar.

Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar H. Baso Amiruddin dalam sambutannya memaparkan, dalam proteksi kebakaran sangatlah erat kaitannya dengan persyaratan keandalan sebuah bangunan atau gedung bertingkat.

Menurutnya, ada empat aspek persyaratan yang sangat perlu diperhatian oleh badan pengelola bangunan atau gedung bertingkat yaitu; aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan.

“Keempat hal inilah yang perlu diperhatikan bagi pengelola gedung agar menjadi perhatian bagi keselamatan masyarakat yang berada di dalam gedung atau bangunan bertingkat,” jelasnya,

Untuk itu Sekda berharap, bahwa setiap gedung harus dilindungi dari bahaya terjadinya kebakaran dengan menerapkan sistem proteksi aktif dan sistem proteksi pasif.

Sistem proteksi pasif adalah pengaturan penggunaan bahan dan komponen struktur bangunan, atau pemisahan bangunan berdasarkan tingkat ketahanan terhadap api.

Sedangkan proteksi aktif adalah sitem pendeteksian kebakaran secara manual atau otomatis yang berbasis air serta sistem kebakaran berbasis bahan kimia.

Usai memberikan sambutan Baso Amiruddin didampingi Kadis Damkar Takdir Hasan Saleh menyerahkan plakat penghargaan kepada peserta sosialisasi.

Materi kegiatan dibawakan oleh Inspektur Kebakaran Kota Makassar. Materinya meliputi; sistem proteksi pasif, sistem proteksi aktif dan safety management serta diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Peserta yang hadir pada sosialisasi yang diadakan Damkar Kota Makassar, adalah pemilik atau pengelola bangunan dan gedung bertingkat dalam wilayah Kota Makassar.* (Dayat / Iskandar Burhan)