MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 14 Desember 2017

Kadis Rahman Bando Presentasikan Program Pemberdayaan Masyarakat Pesisir di Roma, Italia


(Foto: Abd. Rahman Bando, 2017)

Smartcitymakassar.com.--Makassar- Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, Abd. Rahman Bando, menghadiri pertemuan dengan para petinggi dari International Fund for Agricultural Development (IFAD) di Kantor Pusat Roma, Italia, seperti disampaikannya via Whatsapp, Rabu malam (13/12/2017).

Mewakili Wali Kota Makassar, Abd. Rahman Bando mempresentasikan program pemberdayaan masyarakat pesisir yang didanai oleh IFAD dan dilakukan dihadapan para petinggi IFAD, seperti Paul Winters (Wakil Presiden IFAD), Ron Hartman (IFAD Asia Pacific Country Director) dan perwakilan IFAD dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, India, Asia Pasifik, Asia selatan, dan Afrika.

Pertemuan ini turut dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Italia Esti Andayani yang juga memberikan sambutan mewakili Pemerintah RI.

Kota Makassar diundang khusus karena IFAD menilai Makassar telah berhasil melaksanakan program pemberdayaan masyarakat khususnya masyarakat pesisir dan pulau. Sehingga, IFAD ingin mendengar langsung model dan strategi yang diterapkan di Makassar untuk nantinya dapat direplikasi atau diterapkan di negara-negara berkembang lainnya yang didanai oleh IFAD. 




Pertemuan ini, sebut Abd. Rahman Bando, sekaligus juga menjadi evaluasi akhir dari pelaksanaan program coastal community development project (CCDP-IFAD) selama 5 tahun di Indonesia.

Secara umum, program ini dinilai sangat berhasil dalam mengangkat derajat ekonomi masyarakat penerima program pada khususnya dan masyarakat pesisir dan pulau pada umumnya.

Diakhir pertemuan, Kadis DP2 Makassar ini berkesempatan menyerahkan cinderamata berupa miniatur Pinisi kepada Pimpinan IFAD yang diterima Ron Hartman dan kepada Duta Besar Indonesia Untuk Italia, Ibu Esti Andayani.* (Abd. Rahman Bando/Iskandar Burhan)