MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Jumat, 08 Desember 2017

Kreativitas Binaan Lapas Pohuwato Gorontalo: Pohon Natal Berbahan Kelapa



(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Buah dan sabut kelapa dapat diolah menjadi berbagai barang atau produk. Salah satunya adalah dijadikan pohon natal setinggi 5 meter seperti yang dilakukan oleh warga binaan Lapas Pohuwato, Provinsi Gorontalo.


Kepala Lapas Pohuwato, Rusdedy kepada Smartcitymakassar.com via WhatsApp, Kamis (07/12/2017), menyebutkan bahwa adalah para warga binaannya yang mencetuskan ide tersebut.

"Para pembuat pohon natal itu adalah warga binaan yang dilatih di pusat industri dan teknologi bersama-sama dengan masyarakat Jemaat Gereja Mawar Sharon yang menghabiskan 100 kg sabut kelapa yang ada di lapas tersebut," ucap Rusdedy.

Kepala Lapas ini menambahkan, mereka membuat pohon tersebut selama 3 hari yang dirangkaikan dengan kebaktian menyambut natal di Jemaat Gereja Mawar Sharon pada Rabu sebelumnya (06/12/217).

Rusdedy menjelaskan, sabut kelapa selama ini dianggap sampah. Jika dimanfaatkan, dapat memberi nilai ekonomis bagi petani ataupun pengrajin kelapa. Inilah, lanjut Rusdedy, pesan yang ingin disampaikan lewat penggunaan buah dan sabut kelapa untuk pohon natal.*(Fatahillah Mansur)