MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Rabu, 27 Desember 2017

Menaker Sebutkan 3 Faktor Pengaruhi Peningkatan Produktivitas Nasional




(Foto: Kementerian Ketenagakerjaan, 2017

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengungkapkan 3 faktor penting yang mempengaruhi laju peningkatan produktivitas nasional. Tiga faktor tersebut adalah SDM, cara kerja, dan teknologi.


"Kunci pertama adalah SDM-nya, Jika soft skill maupun hard skill SDM-nya makin baik, produktivitasnya saya yakin makin baik," ujar Menaker pada Rapat Paripurna Lembaga Produktivitas Nasional (LPN) tahun 2017, di kantor Kemnaker, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2017), seperti diberitakan Biro Humas Kemnaker RI.

Kedua adalah soal cara kerja dimana kompetensi yang dimiliki didasarkan pada ilmu pengetahuan. Sehingga ada inovasi dan terobosan dan berpengaruh besar terhadap cara kerja.

"Itulah kenapa human resources saat ini bertransformasi menjadi human capital," papar Menaker.

Ketiga adalah teknologi yang terus berkembang. Menaker mencontohkan, di pabrik rokok satu mesin bisa menggantikan 4 ribu karyawan. Menyikapi hal itu tentu butuh pengembangan SDM yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Kedudukan LPN sebagai Lembaga non struktural sangat penting untuk memecahkan persoalan-persoalan terkait produktivitas nasional. Untuk diketahui, pada tahun 2017 ini LPN berhasilmenyusun draft Instruksi Presiden (Inpres) Percepatan Gerakan Nasional peningkatan produktivitas dan daya saing.

LPN juga terus mengembangkan jejaring kelembagaan gerakan nasional peningkatan produktivitas dan daya saing dengan instansi pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan, dan masyarakat.

Sedangkan pada tahun 2018 mendatang, LPN akan terus mendorong terwujudnya percepatan gerakan nasional peningkatan produktivitas dan daya saing melalui Inpres dan melakukan penguatan dan pengembangan kelembagaan produktivitas di kalangan pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan, profesi dan masyarakat.* (Biro Humas Kemnaker / Iskandar Burhan)