MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Senin, 04 Desember 2017

Narasumber di STIA-LAN, Danny: Smart City Haruslah Useful Sehingga Menghasilkan Trust



(Foto: Bagian Humas Pemkot Makassar, 2017) 

Smartcitymakassar.com.--Makassar- Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ''Danny'' Pomanto menjadi narasumber pada seminar nasional Administrasi Pembangunan yang bertema "Inovasi Harga Mati", di Kampus STIA LAN, Pettarani, Senin (04/12/2017).

Danny, sapaan akrab wali kota yang berlatar belakang arsitek ini, mengatakan inovasi itu simple, jelas, dan betul-betul membuat efektif baik penganggarannya maupun pelaksanaannya.

"Kreatif itu ketika dia mampu melihat kota bagaikan badan manusia yang mampu melihat titik-titik penting. Dan memulai mengerjakan persoalan kota dari titik-titik penting itu tadi," ucap Danny di depan ratusan Mahasiswa STIA LAN.

Danny menceritakan, ketika ia dilantik pertama kalinya menjadi Wali Kota Makassar, kota ini masih terbilang kotor dan sampah tak beraturan. Pertumbuhan ekonomi pun masih berada di angka 7,31 persen.

Artinya kondisi tersebut menunjukkan hal-hal yang krusial dan sulit. Namun, hal itu tak membuat Danny menyerah dan segera melakukan inovasi membangun Kota Makassar.

Walhasil banyak perubahan utamanya pada pertumbuhan ekonomi yang hampir tembus ke angka 9 persen di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

"Baru-baru ini lagi kita memenangkan inovasi yaitu longset dan longset ini mewakili Indonesia di Dubai. Inovasi ini yang menjadikan Makassar bisa bergerak cepat dari persoalan yang tepat pula," ujarnya.

Danny juga mengungkapkan program Sombere and Smart City, konsep yang menggabungkan kesuksesan kota Makassar mengikuti teknologi namun tetap diimbangi oleh lokal karakter kuat masyarakat Makassar yang ramah dan menjaga kehormatan tamu-tamunya.

Selain itu, inovasi lainnya seperti Home Care, layanan 112, BuLO dan beberapa inovasi lainnya.

Intinya, Danny berpendapat bahwa Smart City tidak ada gunanya bila hanya dibuat untuk dipamer-pamerkan saja. Smart city haruslah useful sehingga menghasilkan trust yang pada akhirnya bisa bermanfaat secara ekonomi kepada masyarakat.

Selain Danny, turut hadir Narasumber lainnya seperti Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.* (Iskandar Burhan)