MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Rabu, 13 Desember 2017

TNI AL Bakal Punya 4 Kapal Selam


(Foto: Puspen Kemendagri RI)

Smartcitymakassar.com. --Cirebon- Menteri Dalam Negeri Tjahjo memberi sambutan di acara peringatan Hari Nusantara yang digelar di bibir pelabuhan Muara Jati, Cirebon, Selasa (12/12/2017). Dalam kata sambutannya, Tjahjo menegaskan kedaulatan di laut adalah harga mati. Kuncinya ada pada tiga matra TNI yang saling bahu membahu menjaga laut Nusantara.

"Kuncinya tiga Matra TNI, khususnya TNI Al yang bertugas menjaga kedaulatan maritim, " kata Tjahjo dalam peringatan hari Nusantara di Cirebon, Rabu (13/12/2017), seperti dikutip dari situs resmi Kemendagri RI.

Tentara laut Indonesia, ucap Tjahjo, adalah angkatan yang berada di garis depan menjaga kedaulatan maritim. TNI AL, yang memastikan keamanan lautan mulai dari Sebatik, Nunukan, Sangir Talaud, Morotai sampai Atambua dan Malaka, terjamin. Tentunya TNI AL dalam menjaga Nusantara ini tak sendiri tapi juga didukung oleh matra lain yakni TNI AU dan TNI AD.

"Kuncinya bagaimana itu jadi kenyataan karena TNI AL di dukung matra udara dan darat," kata dia.

Mendagri Tjahjo juga menjelaskan, Presiden Jokowi berkomitmen meningkatkan kemampuan tentara Indonesia. Terutama dari sisi kelengkapan alutsistanya. Sehingga TNI bisa menjadi kekuatan yang disegani pihak lain. Untuk mendukung modernisasi TNI AL misalnya, tahun depan, sudah ada beberapa kapal selam yang di datangkan.

"Kalau tak salah tahun depan TNI AL kita akan punya empat kapal selam," katanya.

Pengadaan kapal perang lainnya juga jadi perhatian pemerintahan Jokowi. Saat ini, TNI AL telah memiliki 151 kapal perang yang lengkap senjata. Target pemerintah sendiri, minimal TNI AL punya 180 sampai 200 kapal perang.

"Sedang kita siapkan juga kapal induk di Natuna, Bitung, Selarung. Selarung itu dekat dengan Australia. Tapi kapal induk itu bukan kapal, tapi pangkalan militer atau pangkalan pertahanan di pulau. Mudah-mudahan ini cepat terwujud," ujar Tjahjo.* (Puspen Kemendagri / Iskandar Burhan)