MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Kamis, 04 Januari 2018

KPU Sulsel Beri Kesempatan IYL-Cakka Cukupi Dukungan

Foto: Istimewa   

smartcitymakassar.com - Makassar - Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Calon Kepala Daerah Jalur Perseorangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan yang berlangsung alot dan berkahir pada 02.00 dini hari di Hotel Clarion Makassar, Rabu (3/1/2018) memutuskan pemberian kesempatan bagi kandidat perseorangan untuk mencukupi dukungan.

Adalah Kandidat jalur perseorangan pasangan Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar (IYL – Cakka) diberi masa tenggang untuk mencukupi dukungan sejak 18 Januari hingga 11 Februari 2017.

Diketahui, syarat minimal untuk maju jalur persorangan di Pilkada Sulsel yakni sebanyak 480.060 dukungan yang tersebar di 24 kabupaten Kota se Sulawesi Selatan. Sedangkan, setelah diferivikasi faktual oleh KPU, pasangan ber Tag Line Punggawa – Macakka itu, hanya berhasil mengumpulkan jumlah dukungan atau Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 476.754. Artinya pasangan ini masih mines dukungan sebanyak 3.306.

Oleh karena itu, Ketua KPU Sulsel Iqbal Latif mengungkapkan, sesuai persyaratan, IYL – Cakka diawajibkan menyetor dan lolos ferivikasi minimal 2 kali lipat dari kekuarangan dukungan tersebut atau 6.612 dukungan.

“Dari total kekurangan, maka IYL-Cakka diberi waktu mulai tanggal 18 Januari – 11 Februari untuk memperbaiki dengan syarat 2 kali lipat dari kekurangan, ” ucap Iqbal Latif.

Iqbal juga menjelaskan, rapat pleno yang digelar itu merupakan rangkaian terakhir dari proses rekapitulasi untuk bakal calon perseorangan. Sebelumnya telah dilakukan beberapa tahapan. Seperti verifikasi berkas, verifikasi administrasi, hingga verifikasi faktual.

“Proses verifikasi faktual saya kira telah kita lihat dan menyimak secara bersama. Prosesnya berlangsung secara baik dan transparan. Bukan cuma diikuti oleh tim pasangan calon, tapi juga pengawas dan panwas di tiap tingkatan,” jelas Iqbal.

Sementara, Ketua Tim Pemenangan Rumah Kita IYL – Cakka Bahar Ngitung, meyakini bahwa pihaknya akan memenuhi syarat yang diminta oleh KPU untuk mencukupi dukungan bagi jagoannya di Pilgub Sulsel 2018.

“Hakkul Yakin, IYL – Cakka akan lolos di jalur persorangan dan menjadi calon resmi Pilgub Sulsel 2018,” tegas Obama saat dikonfirmasi, Rabu (3/2/2018).

Menurut Obama, pihaknya masih punya persedian ratus ribu dukungan yang sengaja tidak disetor ke KPU sebagai surat dukungan alternatif.

“Belum lagi tambah, Demokrat yang siapkan 15.000 KTP kadernya se Sulawesi Selatan, ada lagi PPP juga yang siap melakukan hal yang sama, intinya kami yakni pasti akan lolos,” tegas Obama, sapaan akrab Bahar Ngitung. (Fatahillah Mansur)