MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Sabtu, 27 Januari 2018

Lakkang Techno Park Direncanakan Jadi Pilot Project Kerjasama Makassar - Uni Eropa


(Foto: Humas Pemkot Makassar, 2018)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Delegasi Uni Eropa kembali kunjungi Makassar. Kali ini dipimpin oleh Director World Cities Project of The European Union, Pablo Gandara bersama empat anggota delegasi lainnya dari berbagai institusi.

Mereka adalah General Director Economy and Trade Seville City Council Esperanza Caro Gomez, Head of Area EMASESA Seville Water Company Dario Maurino Morales, Director for Innovation Seville Cartuja Science and Technology Park Luis Perez Diaz, dan Director Andalucia Smart City Cluster Diego Gil.

Lawatan yang berlangsung hari ini, Jumat, (26/1/2018) yang ketiga kalinya. Kunjungan pertama di bulan Mei, dan ke dua di September. Makassar dan Sevilla sukses menjalin kerja sama dalam bentuk sister city atau kota kembar sejak 2017 lalu.

Keberhasilan itu mendorong Uni Eropa untuk melebarkan kerja sama dengan Makassar di bidang techno park, infrastruktur, kelautan, perdagangan, dan pelayanan publik.

"Makassar memiliki komitmen yang kuat dalam pertukaran pengalaman dan kerja sama yang konkret," kata Director Pablo Gandara.

Hasil kunjungan ini akan memberikan gambaran yang jelas bagi delegasi Uni Eropa dan Makassar dalam pelaksanaan proyek percontohan di bidang yang disepakati serta menindaklanjuti kerja sama yang akan dijalin oleh Uni Eropa dan Makassar.

"November nanti akan dilakukan finalisasi project antara kota Makassar dan Sevilla yg merupakan support dari Komisi Eropa," terang Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto usai menerima kunjungan delegasi Uni Eropa di kediaman pribadinya.

Khusus untuk pengembangan techno park, Delegasi Uni Eropa tertarik untuk mendirikannya di Lakkang yang memiliki karakteristik menyerupai Sevilla, kota yang dimanfaatkan oleh Uni Eropa sebagai lokasi techno park untuk pengembangan teknology terbaru dan terkini.* (Iskandar Burhan)