MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Sabtu, 27 Januari 2018

Polres Pelabuhan Makassar Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada


Foto: smartcitymakassar.com/Fatahillah Mansur   

smartcitymakassar.com - Makassar - Polres Pelabuhan Makassar menggelar simulasi Sistem pengamanan Kota (SISPAM) dalam rangka pilkada 2018. Kegiatan simulasi ini merupakan inisiatif langsung dari Kapolres Pelabuhan Makassar.

Kabid Humas Polda Dicky Sondani mengatakan, simulasi ini adalah rangkaian pengamanan Pilkada dimulai yang terkecil hingga yang terbesar.


"Untuk itu kita juga melibatkan TNI dan ASN dalam hal ini adalah Satpol PP" ujarnya, Sabtu (27/1/2018)

Lebih lanjut Dicky menjelaskan saat simusi ini  Polres memperkenalkan alat brocker dimana alat ini berguna untuk menghentikan pengendara motor atau mobil. Juga diperkenalkan senjata listrik yang mampu melumpuhkan.




"Jadi tidak semestinya orang ini ditembak tapi bisa digunakan alat ini untuk melumpuhkan si pelaku", ulas Dicky kepada awak media di lokasi simulasi.

Menurutnya, hasil dari simulasi tadi alat-alat tersebut akan diturunkan mulai saat tahapan kampanye serta perhitungan suara.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Pelabuhan AKBP Aris Bachtiar menambahkan personil yang terlibat dalam simulasi ini berasal dari anggota TNI dan anggota Polres Pelabuhan yang berjumlah sekitar 1000 personil.


"Kita harapkan agar saat pilkada nanti kejadia seperti dalam simulasi yang dilakukan tadi tidak terjadi", tambahnya.

Sekedar diketahui dalam kesempatan ttersebut juga diperkenalkan memperkenalkan unit terbaru yakni mobil V8 RAISA sebanyak 25 unit yang akan digunakan selama Pilkada Sul-Sel dan Pilkada Makassar. (Fatahillah Mansur)