MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Jumat, 09 Februari 2018

Tebar Virus Menulis di Jurnal Bereputasi, Prof. Nurul Ilmi Idrus: Menulis dan Menulislah

Foto: Istimewa  

smartcitymakasar.comMakassar - Kebutuhan akan publikasi internasional sebagai syarat penting dalam pengembangan karir para dosen berbuah menjadi ide cemerlang di tangan Prof. Nurul Ilmi Idrus M.Sc, PhD dan Dr. Farida. Pasalnya lewat bincang-bincang kedua pakar tersebut lahirlah gagasan untuk menebar virus menulis jurnal di kalangan akademisi.

Melalui Komunitas Dosen Perempuan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP-UNM) dan Universitas Muslim Maros (UMMA-YAPIM) ide cemerlang tersebut diwujudkan dengan menggelar workshop dengan tema “Menyebar Virus Menulis di Jurnal Bereputasi”, Jumat (9/2/2018) di Gedung HN FIP-UNM, Makassar.

Workshop yang diikuti sekitar 60 dosen dari berbagai jurusan baik dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNM maupun dari Universitas Muslim Maros (UMMA-YAPIM) Maros dibuka secara resmi oleh Dekan FIP, Dr. Abdullah Sinring, M.Pd.

Dalam sambutannya, Dr. Abdullah mengatakan dirinya merespon positif kegiatan yang digelar Komunitas Dosen Perempuan UNM dan UMMA YAPIN ini dan berharap ke depan akan banyak lagi bentuk kegiatan symbiose mutualism bagi kedua institusi pendidikan tersebut seperti dalam bidang penelitian, penulisan buku serta penulisan artikel.


“Perlu dicatat, andil perempuan di FIP-UNM sangatlah besar mengingat hampir 2/3 civitas akademika di sini adalah perempuan dan memiliki peran strategis yang mumpuni membawa FIP meraih berbagai prestasi”, ujarnya.

Dalam Workshop ini, panitia diketuai oleh Widya Karmila Sari Achmad, S.Pd.,M.Pd dan dimoderatori  Dr. Ed. Faridah Ohan, M.Si. Sedang narasumber tunggal yang dihadirkan adalah Prof. Nurul Ilmi Idrus, M.Sc., Ph.D, Rektor UMMA-YAPIM Maros yang juga Guru Besar Antropologi Universitas Hasanuddin,  


Terpilihnya Prof Nurul Ilmi Idrus sebagai narasumber tunggal mengingat sepak terjangnya di dunia jurnalistik dan research sudah tidak lagi diragukan dengan banyaknya publikasi dan hasil penelitian yang telah diterbitkan, baik dalam  skala lokal, nasional, maupun international. 

Dalam materinya, Prof. Nurul Ilmi Idrus yang karib disapa Prof Ilmi ini memberikan substansi, trik-trik dan tehnik-tehnik apa yang harus diketahui dalam penulisan jurnal internasional hingga proses pemilihan dan pengiriman ke jurnal yang sesuai. 

“Kita jangan pernah memikirkan apa yang kita tulis tersebut adalah untuk skala lokal, nasional, maupun internasional, tetapi menulis dan menulislah, ada kebaruan didalamnya, dan lakukan yang terbaik sehingga tulisan kita layak diterima dimana saja, kunci “ kata Guru besar termuda tahun 2005 yang juga merupakan kolumnis tetap di Harian Fajar Makassar ini.

Workshop ini ditutup oleh Wakil Dekan I FIP-UNM Dr. Abd. Saman, M.Kons dan juga dihadiri  oleh Ketua LPPM UMMA YAPIM Maros, Dr. Suhartina R, M.Hum serta Dekan FKIP UMMA YAPIM Maros, Nikmala Nemin Kaharuddin, SS.,M.Hum. (Fatahillah Mansur)