MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Selasa, 17 April 2018

Beberapa Bagian di Kota Makassar Bakal Kesulitan Air Bersih, Ini Penyebabnya


Foto: fatahillah Mansur  

smartcitymakassar.com - Makassar - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar mengadakan konferensi pers sehubungan dengan adanya trouble atau kerusakan yang terjadi yakni Jebolnya Bendungan Karet pada sungai Jeneberang yang merupakan supply air baku utama untuk Instalasi IV Maccini Sombala, yang berdampak pada supply air yang diterima masyarakat di daerah Selatan dan Barat Kota.

Karena kondisi tersebut, supply air bersih di beberapa daerah mengalami penurunan tekanan karena. Produksi air juga mengalami penurunan himgga sekitar 90-100 liter/detik akibat pasokan air baku yang tidak maksimal.

Direktur Teknik PDAM kota Makassar Hj. Kartia Bado mengatakan kondisi tersebut sudah sangat emergency. Pihaknya juga sudah koordinasi dengan pihak Balai Besar Sungai Jeneberang (BBWJS) sebagai penanggung jawab sungai Jeneberang.

"Kami sudah koordinasi itu dengan pihak balai untuk segera melakukan pembenahan bendungan karet yang jebol tersebut. Karena hal ini merupakan kebutuhan utama masyarakat dalam hal penyediaan air bersih", ucap Kartia saat konferensi pers di Makassar Coffee House Jl. Tupai 88A, Selasa, (17/4/2018).

Lebih lanjut Kartia menuturkan, apabila tidak ada tindakan perbaikan, maka operasional IPA IV Maccini Sombala akan dihentikan total karena kadar chlorite akibat intrusi air laut sudah diambang batas maksimal syarat air beku yang bisa diproduksi.

Dia juga menambahkan beberapa daerah yang kena dampak adalah sekitar daerah Tanjung, seluruh perumahan di GMTD, Deppasawi, Dg. Kuling, Kecamatan Mariso, sebagian Jalan Cendrawasih, jalan Satando, Barukang, Tentara Pelajar, dan sekitar Utara kota.

"Kami berharap pihak BBWJS ini dapat segera memberikan solusi dulu yang harus ditempuh. Karena ini sangat urgent dan mendesak karena dampaknya sudah meluas dan keluhan-keluhan pelanggan juga tidak bisa kami hindari", ungkap Kartia. (Fatahillah Mansur)