MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Rabu, 11 April 2018

Indira Berencana Bentuk Komunitas Multietnis


(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Demi mempererat kebersamaan antar entis dan suku di Makassar yang selama ini sudah terjalin dengan cukup baik, Calon Wakil Wali Kota Makassar, Indira Mulyasari Paramastuti, berencana membentuk komunitas multietnis.

Indira mengatakan, di Kota Makassar, khususnya pada beberapa kecamatan memang ditinggali oleh warga dari beragam etnis, suku dan agama.

"Saya rasa di Makassar ini hubungan antar umat beragama dan antar suku sudah terjalin sangat baik. Di lorong yang kita datangi ini pun bisa kita lihat, hadap-hadapan rumahnya, ada Tionghoanya, ada muslim dan tidak ada masalah apa pun," tegasnya seusai bersilaturahmi dengan warga Kelurahan Maloku, Kecamatan Ujung Pandang, Selasa (10/04/2018).

Hubungan yang baik tersebut, Indira menilai, berpengaruh sangat positif terhadap pembangunan dan keamanan kota Makassar, sehingga pihaknya akan semakin mempererat persatuan dan hubungan itu.

"Sebenarnya ini adalah dasar yang baik sekali, karena hubungannya sangat bagus. Beberapa kali saya turun, saya lihat keberagaman ini justru saling menguatkan," lanjutnya.

Namun Indira berpendapat, selama ini pelibatan warga multietnis dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Makassar, masih minim. Sehingga kedepannya, ia berencana menyatukan warga multietnis itu, khususnya kaum wanita, dalam satu wadah komunitas.

"Kita harus bikin program yang menyatukan mereka, misalnya komunitas perempuan, kegiatan ibu-ibu dari berbagai etnis. Atau mungkin melibatkan semua etnis dalam pelatihan-pelatihan tertentu misalnya," imbuh Indira.

Terpisah, seorang warga, Kartini, membenarkan bahwa hubungan antar warga terjalin dengan baik. Bahkan tak jarang mereka saling bantu jika di antara mereka mendapatkan masalah.

Ia sangat mendukung rencana Indira untuk membentuk komunitas antaretnis dan antarkeyakinan, agak kedepannya kebersamaan dan hubungan yang ada semakin erat.

"Saya setuju sekali dengan rencana bu Indira. Jadi ada wadah khusus, apalagi kalau memang komunitas itu untuk kaum perempuan. Lebih banyak kita bisa bikin," ucapnya.

Kartini mengaku sejak pasangan Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) mendeklarasikan diri di Pilwalkot Makassar, ia dan keluarga langsung mantap untuk mendukung.

"Sudah kelihatan jelas hasilnya pak Danny, ditambah lagi pasangan dengan (mantan) anggota dewan, pasti mereka paham kebutuhan masyarakat," pungkasnya.* (Iskandar Burhan)