MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Jumat, 11 Mei 2018

Relaunching Makassar Green dan Clean Bank Sampah


Relaunching Green dan Clean Bank Sampah (foto: Istimewa)   

smartcitymakassar.com - Makassar - Relaunching Makassar Green and Clean Bank Sampah. UPT Bank Sampah Jalan Toddopuli diikuti oleh para Ketua RT dan RW. Kamis (10/5/2018)

Banyaknya volume sampah yang diangkut ke TPA Tamangapa Raya ini menjadi polemik dan cukup menjadi perhatian bagi pemerhati sampah.

Direktur Bank Sampah Pusat, Saharuddin Ridwan meminta ketua RT/RW turut berpartisipasi dalam program bank sampah yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Makassar.

Sahar mengatakan, jumlah bank sampah yang aktif di Makassar baru mencapai 700 unit, sementara jumlah RT di Makassar sebanyak 4.981 dan RW sebanyak 988.

“Kalau sinergitas ketua RT dan Bank Sampah ini berjalan dengan baik, bukan hanya reduksi sampah yang bisa kita dikurangi, indikator penilaian untuk mereka juga pasti bisa tercapai,” katanya.

Sebelumnya, Sahar mengatakan jumlah sampah yang berhasil direduksi dengan adanya bank sampah baru sekitar 5 ton hingga 10 ton, sementara jumlah potensi sampah yang masuk ke TPA mencapai 1.000 ton sampai 1.500 ton.

“Padahal kalau ketua RT jalankan bank sampah di daerahnya dengan baik, maka indikator MTR nya bisa terpenuhi. Kita juga harus tahu sebuah kota bisa dikatakan bagus pengelolaan lingkungannya kalau jumlah sampah yang masuk di TPA berkurang,” jelas Sahar.  (**Iskandar Burhan).