MENUJU PILKADA SERENTAK 2018

Jumat, 01 Juni 2018

Prof. Rizal Ramli Apresiasi Capaian Menteri Amran dalam Membela Petani

Prof Rizal Ramli, foto istimewa   

smartcitymakassar.com - JAKARTA - Pakar ekonomi politik Indonesia, Professor Rizal Ramli mengaku bangga dan sangat mengapresiasi capaian kinerja Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman. Menurut Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ini, keberpihakan Menteri Amran terhadap nasib seluruh petani Indonesia sangat luar biasa.

“Kebijakan yang diambil Pak Mentan Amran betul-betul all out untuk meningkatkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani di negeri ini, bahkan harus berhadapan dengan para mafia pangan, katanya, Kamis (31/5/2018).

Dia menambahkan, terkait impor pangan, di sana demikian banyak kepentingan yang memang ingin menghambat berbagai terobosan kebijakan yang dijalankan Menteri Amran, terutama dari para pemegang kouta impor yang sengaja menciptakan kelangkaan pangan buatan.

“Kelangkaan yang dibuat dengan sengaja. Artinya tidak ada kebutuhan impor sebenarnya, namun dibuat justifikasi  seoalah-olah kita butuh impor. Ya, dengan cara (bulog dulu -red) tidak melakukan operasi pasar sehingga harga naik dan menjadi justifikasi untuk melakukan impor”, ujarnya.

Satu hal yang paling mencolok dalam permainan mafia ini, kata Rizal, adalah waktu atau timing impor dilakukan saat petani sedang melaksanakan panen. Hal ini menyebabkan munculnya ketergantungan terhadap impor terus-menerus.

“Impor disaat panen akan menyebabkan petani kehilangan gairah dan akan mengurangi produksinya di tahun depan. Ini otomatis akan mengurangi pasokan pangan dalam negeri. Ini sangat kejam sekali”, tandasnya.

Menurut Rizal, dirinya menaruh harapan besar kepada Menteri Amran karena kesungguhannya ingin membenahi semua sengkarut masalah pertanian ini. 

“Semua potensi alam di negeri ini sangat besar untuk bisa menjadikan kita bangsa yang kuat di bidang pertanian. Namun karena permainan mafia inilah kita menjadi bangsa yang sangat tergantung pada impor. Makanya saya sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan Mentan dan berharap Presiden Jokowi mendukung penuh langkah tersebut”, pungkasnya. (#Fatahillah Mansur)